Rabu, 03 November 2010

Berjalan Kaki Ke Sekolah, Salah Satu Pendidikan Karakter

Segera bergabung di www.indi-smart.com, dan dapatkan ratusan konten pembelajaran online interaktif untuk pelajar.





Ditulis oleh: "Suwandi Andi" 
suwandi.view@gmail.com



Berjalan kaki ke sekolah, dari gerbang sekolah ke kelas…why not? Anak anak sekolah full day yang terbiasa dengan antar jemput baik pribadi maupun sekolah selalu termanjakan oleh armada ini, dari rumah dijemput mobil ber-ac, sampai sekolah disambut segarnya ruangan kelas ber-ac dan pulang diantar dengan mobil ber-ac juga. Bayangkan jika kebiasaan ini menjadi kebutuhan setiap orang, bisa kita bayangkan imbasnya pada kharakter anak serta dampaknya terhadap lingkungan. 

Untuk menanamkan pendidikan kharakter sekolah sekolah berkategory full day melaksanakan program berjalan kaki. Program ini diluncurkan sebagai bagian dari komitmen sekolah pada kepedulian lingkungan dan kesehatan siswa. Ada beberapa manfaat dari program ini. Manfaat program ini adalah :



a. Berjalan kaki ke sekolah akan mengurangi stress pada anak, menurunkan resiko obesitas dan mengurangi resiko serangan jantung ketika mereka dewasa. Menurut hasil studi tentang tingkat stress yang dilakukan oleh peneliti di Buffalo, Amerika Serikat menunjukkan bahwa para siswa yang terbiasa berjalan kaki ke sekolah mengalami kenaikan detak jantung sekitar tiga denyut permenit ketika mereka dihadapkan pada soal yang sulit. Sementara murid yang ke sekolah dengan mengendarai mobil mengalami kenaikan 11 denyut permenit (kenaikan detak jantung menunjukkan tingkat stress yang dialami). Berdasarkan jurnal Medicine & Science in Sport & Exercise edisi Agustus, para siswa yang naik mobil ke sekolah dua kali lebih rentan stres ketimbang siswa yang berjalan kaki (liputan6.com).

b. Berjalan kaki ke sekolah akan melatih fisik anak karena dengan berjalan kaki, sejumlah 200 otot bergerak secara simultan, persendian menjadi lebih kuat dan tulang menjadi lebih sehat. Dengan melatih fisiknya, maka energy yang dimiliki anak akan menjadi lebih besar dan lebih siap untuk belajar.



c. Berjalan kaki ke sekolah akan memberikan kesempatan anak untuk bertemu dengan teman-temannya, membuat pertemanan baru, menciptakan permainan baru sambil berjalan ke sekolah, meningkatkan rasa percaya diri dan kemandirian anak.

d. Berjalan ke sekolah akan mengurangi volume kendaraan yang lalu lalang sehingga kemacetan bisa teratasi dan udara akan menjadi lebih segar karena terjadi pengurangan tingkat emisi di kawasan yang biasanya padat kendaraan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Permainan untuk Balita Anda (klik play, pilih lagu di kiri, lalu tekan sembarang tuts)