Selasa, 27 Juli 2010

332 Judul Konten Indismart hingga 16 Juli 2010

Segera bergabung di www.indi-smart.com


1.                  Mengenal Angka
2.                  Mencocokkan angka
3.                  Menghitung Jumlah Benda
4.                  Pengurangan
5.                  Menentukan Lama Waktu
6.                  Bilangan Cacah 1 sampai 5
7.                  Bangun Ruang         
8.                  Bangun Datar Sederhana
9.                  Bilangan Cacah 6 sampai 20
10.               Penjumlahan dan Pengurangan sampai 2 angka
11.               Penjumlahan dan Pengurangan sampai 20 angka
12.               Membaca dan Menentukan Tanda Waktu
13.               Bagian-Bagian Tubuh
14.               Fungsi Tubuh
15.               Kebutuhan Tubuh
16.               Kebiasaan Sehat
17.               Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat
18.               Ciri-Ciri Benda
19.               Kegunaan Benda
20.               Merawat Lingkungan
21.               Gerak Benda
22.               Benda dapat Berubah Bentuk       
23.               Bumi
24.               Energi
25.               Pakaian
26.               Matahari,Bulan dan bintang
27.               Cuaca
28.               Pengaruh cuaca dalam kehidupan
29.               Perkalian
30.               Pembagian
31.               Pengukuran Panjang Benda
32.               Menentukan Nilai Tempat Penjumlahan dan Pengurangan
33.               Bilangan dan Membandingkan Bilangan
34.               Membedakan Panjang Benda
35.               Bangun Datar
36.               Pengukuran Berat
37.               Mengukur Berat
38.               Energi Bunyi
39.               Bagian-Bagian Hewan
40.               Guna Cahaya Matahari
41.               Suara-Suara Hewan
42.               Pertumbuhan Hewan
43.               Melindungi Diri dari Panas Matahari
44.               Gerak Semu
45.               Sumber Energi Listrik
46.               Tempat Hidup Hewan dan Tumbuhan
47.               Cara Hewan Bergerak
48.               Menentukan Garis Bilangan
49.               Perhitungan Uang
50.               Mengenal Jam
51.               Alat Ukur Berat
52.               Pengukuran Alat Ukur Waktu
53.               Pengukuran Alat Ukur Panjang
54.               Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang
55.               Uang                   
56.               Pecahan
57.               Bangun Datar
58.               Pengenalan Hari
59.               Ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup
60.               Lingkungan Kita
61.               Benda dan Sifatnya
62.               Penggolongan Tumbuhan
63.               Bumi dan Alam Semesta
64.               Pelestarian Sumber Daya Alam
65.               Lingkungan
66.               Penggolongan Hewan
67.               Energi Gerak Benda
68.               Perubahan Sifat Benda
69.               Mengurutkan Bilangan
70.               Keliling dan Luas Bangun Datar
71.               Kelipatan dan Faktor
72.               Bilangan Pecahan I
73.               Bilangan Pecahan II
74.               Bilangan Romawi
75.               Fungsi Rangka Manusia
76.               Bagian-Bagian Tumbuhan
77.               Fungsi Alat Indera
78.               Perubahan Wujud Benda
79.               Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanan
80.               Sumber-Sumber Makanan
81.               Macam-Macam Daur Hidup pada Makhluk Hidup
82.               Energi Alternatif
83.               Gaya dan Gerak
84.               Energi Panas
85.               Sifat, Wujud dan Kegunaan Benda
86.               Hub SDA Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat
87.               Hubungan Sesama Makhluk Hidup dan antara Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
88.               Gaya-gaya yang Terdapat di Alam
89.               Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya terhadap Lingkungan
90.               Perubahan Penampakan Bumi dan Langit
91.               Keragaman kenampakan alam
92.               Mengenal Peta
93.               Animals
94.               Greeting and Introductions
95.               Alphabets and Numbers
96.               Colours
97.               Fruit and Vegetables
98.               Counting
99.               Satuan Ukuran (Jarak)
100.           Kecepatan & Menentukan Kecepatan
101.           Waktu
102.           Luas Trapesium dan Layang-Layang
103.           Operasi Hitung Pecahan I
104.           Operasi Hitung Pecahan II
105.           Volume Kubus dan Balok
106.           Satuan Ukuran(Sudut)
107.           Cara Tumbuhan Membuat Makanan
108.           Sifat Bahan Penyusun Benda
109.           Alat-Alat Optik(Kamera)
110.           Alat-Alat Optik(Mata)
111.           Sifat-Sifat Cahaya
112.           Alat Pernapasan Manusia
113.           Pembuatan Makanan pada Tumbuhan Hijau
114.           Pengaruh Gaya Thd Bentuk & Gerak Benda
115.           Sistem Pencernaan pd Manusia
116.           Air
117.           Pertumbuhan Kacang Hijau
118.           Penyesuaian Diri Makhluk Hidup I(Adaptasi Hewan)
119.           Penyesuaian Diri Makhluk Hidup II
120.           Penyesuaian Diri Makhluk Hidup III
121.           Peristiwa Alam
122.           Perkembangbiakan Hewan
123.           Pesawat Sederhana
124.           Benda dan Sifatnya
125.           Perubahan Sifat Benda
126.           Perubahan pada Makhluk Hidup
127.           Pengaruh Energi dalam Kehidupan
128.           Struktur Bumi
129.           Peninggalan sejarah Hindu Buddha Islam
130.           My Family
131.           Foods and Drinks
132.           My Body
133.           My Pretty Clothes
134.           My Lovely House
135.           At School
136.           Volume Prisma Segitiga dan Tabung
137.           Operasi Hitung Pecahan I
138.           Debit
139.           Operasi Hitung Pecahan II
140.           Pengolahan Data
141.           Ciri Khusus pada Kelelawar
142.           Perkembangbiakan pada Manusia
143.           Perkembangbiakan pada Tumbuhan(Generatif)
144.           Termos Sebagai Alat Penghantar Panas
145.           Pemanfaatan Benda Penghantar Panas(hair dryer)
146.           Kemampuan Benda Menghantarkan Panas (isolator- konduktor)
147.           Perkembangbiakan pada Tumbuhan(Cangkok)
148.           Perkembangbiakan pada Tumbuhan (Sambung)
149.           Tumbuhan yang Terancam Punah
150.           Hewan yang Terancam Punah
151.           Pentingnya Pelestarian Makhluk Hidup (Tebak Asal Makhluk Hidup)
152.           Pemanfaatan Hewan dan Tumbuhan
153.           Ciri Khusus pada Beberapa Tumbuhan(Tumbuhan Pemakan Serangga)
154.           Ciri Khusus pada Beberapa Tumbuhan(Kaktus)
155.           Ciri Khusus pada Beberapa Hewan(Cecak)
156.           Aktivitas Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan
157.           Perkembangbiakan Manusia
158.           Energi Listrik
159.           Gaya dan Gerak
160.           Penghematan Energi
161.           Tata Surya
162.           Keseimbangan Lingkungan
163.           Gerakan Bumi dan Bulan
164.           Benua-Benua di Dunia
165.           33 Provinsi Indonesia: Pulau Sumatera
166.           33 Provinsi Indonesia: Maluku Papua Sulawesi
167.           33 Provinsi Indonesia: Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, dan Pulau Nusa Tenggara
168.           Days
169.           Describing People
170.           Let's Do Sport
171.           My Classroom
172.           My Grandfather's Farm
173.           Please Turn on The Light
174.           Professions
175.           What Are They Doing?
176.           Bilangan Dimensi 3
177.           Pencerminan
178.           Archimedes
179.           Bidang Miring
180.           Katrol Majemuk
181.           Katrol Tetap
182.           Kecepatan Misil
183.           Lift
184.           Momentum
185.           Pengukuran
186.           Roda Bergandar
187.           Tuas
188.           Besaran
189.           Pengukuran dan Besaran Pokok
190.           Adhesi dan Kohesi
191.           Pengertian Suhu
192.           Termometer
193.           Sifat Asam, Basa, dan Garam
194.           Indikator Asam-Basa
195.           Tingkat Keasaman dan Kebasaan
196.           Senyawa
197.           Unsur
198.           Campuran
199.           Sifat-sifat unsur, senyawa dan campuran
200.           Massa Jenis
201.           Wujud Zat
202.           Pemuaian Zat Padat
203.           Pemuaian Zat Cair
204.           Pemuaian Zat Gas
205.           Pengertian Kalor
206.           Gerak Benda
207.           Pengaruh Suhu dan Ukuran Materi terhadap Kecepatan
208.           Persamaan Reaksi Kimia
209.           Anomali Air
210.           Gejala Alam, Ilmu Biologi, dan Prosedur Ilmiah
211.           Keselamatan Kerja dalam Pengukuran
212.           Mengenal Gejala Alam Biologi
213.           Ciri-Ciri Makhluk Hidup
214.           Gunung Berapi
215.           Jenis Batuan
216.           Lapisan-Lapisan Atmosfer
217.           Angin dan Hujan
218.           Lahir dan Berkembangnya Islam
219.           Jagad Raya
220.           Sungai
221.           Describing Things I
222.           Do You Agree
223.           Greetings
224.           I am sure
225.           Introduction
226.           My Opinion
227.           Earth Is Round
228.           How To Make It
229.           I Don’t Like It
230.           Can You Come to My Party Tonight?
231.           Thank you very much
232.           Bejana Berhubungan
233.           Cermin
234.           Gerhana
235.           Archimedes
236.           Hukum Pascal
237.           Lensa
238.           Pencerminan
239.           Refraksi
240.           Tekanan Hidrostatis
241.           Materi Optik
242.           Samudra dunia
243.           Lingkungan Hidup
244.           Fotosintesis
245.           Sistem Gerak Manusia
246.           Tahapan Perkembangan Manusia
247.           Struktur dan Fungsi Organ Tumbuhan
248.           Sistem Pernapasan Manusia
249.           Gerak pada Tumbuhan
250.           I Sent You a Letter
251.           I Want To Go There
252.           He is the Artist
253.           I was Watching Television
254.           My Holiday Was Fun!
255.           Would You LIke It?
256.           Listrik
257.           Magnet
258.           Tata Surya
259.           Sistem Ekskresi
260.           Bioteknologi
261.           Pewarisan Sifat
262.           Sistem Koordinasi Manusia
263.           Bioteknologi Pangan
264.           Sistem Reproduksi Manusia
265.           Sistem Ekskresi pada Manusia
266.           ASEAN
267.           Ayunan sederhana (I)
268.           Ayunan sederhana (II)
269.           Gaya Gravitasi
270.           Gerak Harmonik Pada Pegas
271.           Katrol
272.           Pegas
273.           Penjumlahan Vektor
274.           Peluruhan Inti
275.           Penjumlahan & Pengurangan Vektor
276.           Perkalian Vektor
277.           Besaran-Besaran Gerak
278.           Gerak Lurus
279.           Gerak Vertikal
280.           Vektor Kecepatan Gerak dalam Bidang Datar
281.           Gerak Jatuh Bebas
282.           Besaran & Satuan
283.           Vektor & Skalar
284.           Pengukuran
285.           Dimensi
286.           Angka Penting
287.           Gerak Melingkar Beraturan
288.           Besaran-besaran gerak melingkar
289.           Gerak Melingkar Berubah Beraturan
290.           Diagram gaya
291.           Pemantulan Cahaya
292.           Penerapan Hukum Newton
293.           Alat-Alat Optik
294.           Pembiasan Cahaya
295.           Pemahaman Tentang Kalor
296.           Listrik Dinamis
297.           Hukum-hukum Newton tentang Gerak
298.           Biologi sebagai Ilmu
299.           Protista
300.           Virus
301.           Bakteri
302.           Klasifikasi Makhluk Hidup
303.           Konsep Geografi
304.           Objek Studi Geografi
305.           Tektonisme / Sejarah Bumi
306.           Hidrosfer
307.           Efek Doppler
308.           Gerak Harmonik Sederhana
309.           Gelombang Transversal
310.           Hukum Archimedes
311.           Hukum Newton
312.           Perpindahan, Kecepatan, dan Percepatan
313.           Perubahan Kalor
314.           Suhu dan Kalor
315.           Dinamika Gerak
316.           Gelombang Elektromagnetik
317.           Elastisitas dan Getaran
318.           Kinematika Gerak
319.           Unit Vektor
320.           Bioma
321.           Perpaduan unsur
322.           Pemantulan Gelombang
323.           Peluruhan radioaktif
324.           Hukum Pascal
325.           Hukum Newton
326.           Gaya Coloumb
327.           Fluks Magnetik
328.           Gaya pada 2 Kawat Sejajar Berarus
329.           Gaya Coloumb antara Dua Muatan
330.           Gaya Lorentz
331.           Gerak Harmonik Pada Ayunan Sederhana
332.           Pusat-Pusat Pertumbuhan

Senin, 26 Juli 2010

Encouragement... Dorongan... Dukungan...

Segera bergabung di www.indi-smart.com






Encouragement
oleh Rhenald Kasali.

Lima belas tahun lalu saya pernah mengajukan protes pada guru sebuah
sekolah tempat anak saya belajar di Amerika Serikat. Masalahnya,
karangan berbahasa Inggris yang ditulis anak saya seadanya itu telah
diberi nilai E (excellent) yang artinya sempurna, hebat, bagus
sekali.Padahal dia baru saja tiba di Amerika dan baru mulai belajar
bahasa. Karangan yang dia tulis sehari sebelumnya itu pernah
ditunjukkan kepada saya dan saya mencemaskan kemampuan verbalnya yang
terbatas. Menurut saya tulisan itu buruk, logikanya sangat sederhana.
Saya memintanya memperbaiki kembali, sampai dia menyerah. Rupanya
karangan itulah yang diserahkan anak saya kepada gurunya dan bukan
diberi nilai buruk, malah dipuji.Ada apa?Apa tidak salah memberi
nilai? Bukankah pendidikan memerlukan kesungguhan? Kalau begini saja
sudah diberi nilai tinggi, saya khawatir anak saya cepat puas diri.

Sewaktu saya protes, ibu guru yang menerima saya hanya bertanya
singkat. "Maaf Bapak dari mana?" "Dari Indonesia," jawab saya. Dia pun
tersenyum.

Budaya Menghukum
Pertemuan itu merupakan sebuah titik balik yang penting bagi hidup
saya. Itulah saat yang mengubah cara saya dalam mendidik dan membangun
masyarakat. "Saya mengerti", jawab ibu guru yang wajahnya mulai
berkerut, namun tetap simpatik itu. "Beberapa kali saya bertemu ayah-
ibu dari Indonesia yang anak-anaknya dididik di sini," lanjutnya. "Di
negeri Anda, guru sulit memberi nilai. Filosofi kami mendidik di sini
bukan untuk menghukum, melainkan untuk merangsang orang agar maju.
Encouragement! "Dia pun melanjutkan argumentasinya. "Saya sudah 20
tahun mengajar. Setiap anak berbeda-beda. Namun anak sebesar itu, baru
tiba dari negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, saya dapat
menjamin, ini adalah karya yang hebat", ujarnya menunjuk karangan
berbahasa Inggris yang dibuat anak saya.

Dari diskusi itu saya mendapat pelajaran berharga. Kita tidak dapat
mengukur prestasi orang lain menurut ukuran kita. Saya teringat betapa
mudahnya menyelesaikan study saya yang bergelimang nilai "A", dari
program master hingga doktor. Sementara di Indonesia, saya harus
menyelesaikan studi jungkir balik ditengarai ancaman drop out dan para
penguji yang siap menerkam. Saat ujian doktor saya pun dapat
melewatinya dengan mudah. Pertanyaan mereka memang sangat serius dan
membuat saya harus benar-benar siap. Namun suasana ujian dibuat sangat
bersahabat. Seorang penguji bertanya dan penguji yang lain tidak ikut
menekan, melainkan ikut membantu memberikan jalan begitu mereka tahu
jawabannya. Mereka menunjukkan grafik-grafik yang saya buat dan
menerangkan seterang-terangnya sehingga kami makin mengerti. Ujian
penuh puja-puji, menanyakan ihwal masa depan dan mendiskusikan
kekurangan penuh keterbukaan.

Pada saat kembali ke Tanah Air, banyak hal sebaliknya sering saya
saksikan. Para pengajar bukan saling menolong, malah ikut "menelan"
mahasiswanya yang duduk di bangku ujian. Ketika seseorang penguji atau
promotor membela atau meluruskan pertanyaan, penguji marah-marah,
tersinggung, dan menyebarkan berita tidak sedap seakan kebaikan itu
ada udang di balik batunya. Saya sempat mengalami frustrasi yang luar
biasa menyaksikan bagaimana para dosen menguji, yang maaf, menurut
hemat saya sangat tidak manusiawi. Mereka bukan melakukan
encouragement, melainkan discouragement. Hasilnya pun bisa diduga,
kelulusan rendah dan yang diluluskan pun kualitasnya tidak hebat-hebat
betul. Orang yang tertekan ternyata belakangan saya temukan juga
menguji dengan cara menekan. Ada semacam balas dendam dan kecurigaan.

Saya ingat betul bagaimana guru-guru di Amerika memajukan anak
didiknya. Saya berpikir pantaslah anak-anak di sana mampu menjadi
penulis karya-karya ilmiah yang hebat, bahkan penerima Hadiah Nobel.
Bukan karena mereka punya guru yang pintar secara akademis, melainkan
karakternya sangat kuat: karakter yang membangun, bukan merusak.
Kembali ke pengalaman anak saya di atas, ibu guru mengingatkan saya.
"Janganlah kita mengukur kualitas anak-anak kita dengan kemampuan kita
yang sudah jauh di depan," ujarnya dengan penuh kesungguhan.

Saya juga teringat dengan rapor anak-anak di Amerika yang ditulis
dalam bentuk verbal. Anak-anak Indonesia yang baru tiba umumnya
mengalami kesulitan, namun rapornya tidak diberi nilai merah,
melainkan diberi kalimat yang mendorongnya untuk bekerja lebih keras,
seperti berikut. "Sarah telah memulainya dengan berat, dia mencobanya
dengan sungguh-sungguh. Namun Sarah telah menunjukkan kemajuan yang
berarti." Malam itu saya mendatangi anak saya yang tengah tertidur dan
mengecup keningnya. Saya ingin memeluknya di tengah-tengah rasa salah
telah memberi penilaian yang tidak objektif. Dia pernah protes
menerima nilai E yang berarti Excellent (sempurna), tetapi saya
mengatakan "gurunya salah". Kini saya melihatnya dengan kacamata yang
berbeda.

Melahirkan Kehebatan
Bisakah kita mencetak orang-orang hebat dengan cara menciptakan
hambatan atau rasa takut? Bukan tidak mustahil kita adalah generasi
yang dibentuk oleh sejuta ancaman: gesper, rotan pemukul, tangan
bercincin batu akik, kapur, dan penghapus yang dilontarkan dengan
keras oleh guru, sundutan rokok, dan seterusnya. Kita dibesarkan
dengan seribu satu kata-kata ancaman: Awas...; Kalau...; Nanti...; dan
tentu saja tulisan berwarna merah menyala di atas kertas ujian dan
rapor di sekolah. Sekolah yang membuat kita tidak nyaman mungkin telah
membuat kita menjadi lebih disiplin. Namun di pihak lain dia juga bisa
mematikan inisiatif dan mengendurkan semangat. Temuan-temuan baru
dalam ilmu otak ternyata menunjukkan otak manusia tidak statis,
melainkan dapat mengerucut (mengecil) atau sebaliknya, dapat tumbuh.
Semua itu sangat tergantung dari ancaman atau dukungan (dorongan) yang
didapat dari orang-orang di sekitarnya. Dengan demikian kecerdasan
manusia dapat tumbuh, sebaliknya dapat menurun. Seperti yang sering
saya katakan, ada orang pintar dan ada orang yang kurang pintar atau
bodoh. Tetapi ada juga orang yang tambah pintar dan ada orang yang
tambah bodoh. Mari kita renungkan dan mulailah mendorong kemajuan,
bukan menaburkan ancaman atau ketakutan. Bantulah orang lain untuk
maju, bukan dengan menghina atau memberi ancaman yang menakut-nakuti.

Sumber : Sindo, Kamis 15 Juli 2010.

Kamis, 15 Juli 2010

Kenapa Anak Tidak Mendengarkan Orangtua?

Segera bergabung di www.indi-smart.com








dari Blog Timothy Wibowo
Kenapa Anak Tidak Mendengarkan Orangtua?

July 11, 2010

Salah satu pertanyaan yang paling umum yang sering ditanyakan kepada saya adalah
“kenapa anak sewaktu kecil kalau dibilangin nurut tetapi saat ini dia selalu
membandel kalo dibilangin dan lebih nurut sama teman-temannya?” Keluh seorang
ibu yang memiliki anak yang telah remaja dan banyak pertanyaan sejenis yang
dilontarkan saat saya selesai memberikan pelatihan di berbagai tempat

Alasan saya menulis artikel ini adalah memudahkan orangtua berkomunikasi dengan
anaknya dan dapat berbagi keceriaan dengan sangat mudah. Ya, tentu yang bertanya
seperti itu hampir sebagian besar adalah “orangtua yang haus kasih sayang anak
bukan?” Lha, ngga kebalik? (hayo.. yang baca dan merasa, silahkan jujur..) Coba
rasakan, apa sih rasanya ngomong tapi dicuekin sama orang terdekat kita (anak)?
Jengkel, marah, sebel? Itu artinya ada yang berbuat tidak adil terhadap kita.
Kenapa? Karena kita mengharapkan timbal balik dari apa yang selama ini kita
lakukan, merasa punya otoritas tapi tidak bisa kepake, dan lain-lain. Nah saat
anak mendengarkan dan menuruti apa yang kita katakan maka perasaan cinta dan
sayang kita tumbuh bukan? Nah jadi, banyak dong orangtua yang haus akan kasih
saying anak. Kita akan belajar dari 1 pertanyaan diatas, dan aspek apa yang
dibutuhkan agar komunikasi antara orangtua dan anak terjalin dengan baik.

Secara umum ada 2 aspek yang akan saya bahas. Yang pertama adalah aspek emosi
anak. Penyebab anak lebih mudah dipengaruhi, nurut dan berkomitmen kuat dengan
temannya adalah adanya perasaan diterima. Ketika bersama dengan teman-temannya
mereka merasa bagian dari kelompok, agar diterima dalam kelompok, mereka akan
menuruti apapun yang dikatakan teman-teman mereka, walaupun tidak masuk akal
atau merusak. Termasuk dengan berani merokok atau menganggu teman mereka yang
lain. Dengan cara itu mereka akan dikagumi dengan cara yang salah, oleh kelompok
atau geng mereka sendiri. Menjadi keren dan terlihat hebat adalah hal yang
sangat penting bagi remaja, karena dorongan mereka terkuat saat itu adalah
merasa penting dan adanya pengakuan.

Disisi lain, banyak anak tidak suka mendengar orangtua karena orangtua mereka
cenderung mendikte. Jadi dalam pikiran anak, mereka merasa dengan mendengarkan
orangtua berarti mereka kalah dan orangtua menang. Mereka merasa tidak penting
dengan melakukan apa yang dikatakan oleh orangtua dan dengan membangkang maka
mereka merasa lebih penting karena sudah memenangkan pertarungan.
Setelah saya mempelajari dari kasus-kasus klien saya, maka saya mengetahui bahwa
anak yang berprestasi disekolah, yang memiliki percaya diri, tidak mudah
terpengaruh oleh teman sebaya adalah anak yang diterima, dicintai dan diakui
oleh orangtuanya. Saat dirumah semuanya sudah terpenuhi, maka mereka tidak perlu
mencari-cari pengakuan diluar sana.

Hal yang perlukan untuk memperbaiki komunikasi kita dengan anak adalah :
1. Gunakan kata “Minta” saat kita membutuhkan anak melakukan sesuatu. Dengan
menggunakan kata minta artinya kita menghargai anak, misalnya akan sangat
berbeda saat kita menyuruh pembantu dirumah membuka pintu, dengan saat kita
minta mertua kita untuk membukakan pintu, Anda tentu paham dengan maksud saya.
Anak juga ingin dihargai dan diakui dan ini sangat penting.
2. Pastikan selalu menatap matanya saat kita berkomunikasi dengan anak, mata
menunjukan keseriusan dan menghargai lawan bicara. Membuat anak merasa penting
dan diakui.
3. Jadilah pendengar yang baik jika anak sedang berbicara. Dengan mendengar
saja, anak sudah merasa orangtuanya adalah orang yang mau mengerti akan dirinya,
walaupun Anda belum memberikan solusi. Perlu diperhatikan, jika kita ingin
memberi solusi, kita perlu bertanya dahulu. “Bolehkan Ayah / Ibu membantu kamu,
atau kamu akan mengatasinya sendiri?” Dengan demikian anak akan merasa penting,
diakui dan merasa dipercaya oleh orangtuanya. Hanya mendengar anak berbicara
maka kita sudah membantu anak tersebut melepas beban emosinya yang mengganggu
dan tentunya akan lebih mengganggu lagi jika tidak dikeluarkan. Dan saat
orangtua mampu mengambil tugas ini dengan baik, maka dijamin anak kita tidak
akan mencari “cinta” diluar sana, karena sudah ada yang mengerti dan mencintai
dia.
4. Cintai anak dengan caranya dia menintai. Kita orang tua yang paling mengerti
anak kita bukan? Nah, tentunya Anda tahu bagai mana cara anak kita memperlakukan
seseorang dengan sayang, bisa kepada adik, dengan Ayahnya atau Ibunya, nenek,
saudara sepupu atau temannya. Perhatikan, apa dia memberikan perhatian berlebih,
apa dia suka memberikan sentuhan, suka memberikan hadiah, dan lain-lain. Itu
adalah senjata pemungkas orangtua, ya dengan cara yang sama kita belajar
mencintai dia dengan caranya, bukan cara kita orangtua. Mungkin kita orangtua
senang dan merasa dicintai dengan cara dipeluk, tapi anak tidak suka dipeluk.
Gunakan dan pelajari gaya dia memberikan kasih sayang, untuk memberikan cinta
sepenuh.

Aspek berikutnya adalah, cara bekomunikasi berdasarkan mekanisme pikiran
manusia. Pikiran manusia selalu memproses informasi yang dominan. Maksudnya,
pikiran manusia tidak mengenal kata “tidak, jangan atau apapun kalimat negatif”.
Seandainya saya meminta Anda membayangkan buah apel apa yang ada dalam pikiran
Anda? Gambar buah apel bukan? Nah sekarang saya tidak ingin dan jangan coba-coba
Anda membayangkan sebuah apel, nah sekarang apa yang terjadi? Apelnya tetep
muncul bukan? Padahal saya sudah menginstruksikan larangan kepada Anda.
Itulah sifat pikiran dia tidak bisa menerima kalimat negatif untuk diproses
dalam pikiran. Inilah maksud dari pikiran hanya memproses informasi yang
bersifat dominan. Nah, bagaimana cara kita berkomunikasi dengan anak? Banyak
menggunakan larangan yang kemudian dilanggar? Kini kita sudah tahu bagaimana
menggunakan aturan berkomunikasi bukan?
Gunakan Direct Communication, maksudnya apa yang Anda inginkan, utarakan
langsung. Contoh: “kamu tidak boleh pulang malam” sebaiknya mengatakan “kamu
harus pulang jam 7 malam ya”. “Besok tidak boleh lupa membawa tugas sekolah”
sebaiknya mengatakan “besok tugas sekolah dibawa dan serahkan kepada guru”
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

SMS: Cara Daftar Indismart Paling Murah dan Mudah

Segera bergabung di www.indi-smart.com



SMS: Cara Daftar Indismart Paling Murah dan Paling Mudah

Bagi Anda yang mementingkan kemudahan dan pembayaran yang kecil, cara mendaftar ini dapat menjadi solusi. Bayangkan, hanya dengan pemotongan pulsa Rp 2.000.- Anda bisa mengakses ratusan konten pembelajaran selama 7 x 24 Jam penuh!
Caranya sangat mudah cukup ketik: indismart lalu kirim ke 7879. Nanti Anda akan mendapatkan balasan berupa delapan digit angka yang dapat Anda masukkan di website Indismart. Berikut tahapan cara mendaftar secara lengkap:
1. Ketik: indismart
2. Kirim ke: 7879
3. Buka sms balasan
4. Buka www.indi-smart.com
5. Klik menu: aktivasi pin
6. Klik menu: voucher indismart
7. Masukkan delapan angka ke kolom yang tersedia
8. Klik menu: aktivasi
9. Isilah seluruh kolom yang tersedia
10. Klik menu: daftar
11. Buka email pribadi yang Anda daftarkan di Indismart
12. Cek email di inbox atau di spam
13. Buka kiriman email dari Indismart
14. Klik link verifikasi atau link aktivasi
15. Anda sudah dapat login dan mengakses Indismart selama 7 x 24 Jam

Untuk sementara, cara ini hanya dapat dilakukan dari kartu Telkomsel dan mulai Agustus 2010 sudah dapat dilakukan dari kartu Flexy.

Jumat, 18 Juni 2010

testimoni indismart.flv



Segera bergabung di www.indi-smart.com

Lima Budaya di Sekolah yang Patut Dikembangkan.

Segera bergabung di www.indi-smart.com



Oleh: Agus Sampurno

Sebuah sekolah yang baik mempunyai budaya yang menjadi ruh di dalamnya. Sekolah memang akan berjalan dengan adanya siswa dan guru serta administrator yang melayani jalannya operasional sekolah, tetapi tanpa ruh sekolah hanya akan terjerumus menjadi sebuah organisasi tanpa arah. Sebuah budaya sekolah yang berlangsung di sebuah sekolah bisa saja diterapkan di sekolah lain, sebaliknya tidak semua hal yang menjadi budaya di sebuah sekolah bisa diaplikasikan disekolah lain. Budaya sekolah yang bisa dirasakan oleh individu yang ada didalamnya akan menjelma menjadi iklim sekolah yang melingkupi dan menjadi dasar pijakan pengembangan sekolah.
Saya mencoba mengkategorikan budaya sekolah ini dalam beberapa kategori

Budaya Komunikasi dan interaksi.
* Guru tidak datang kepada kepala sekolah dengan hanya semata persoalan dan keluhan saja. Guru juga datang sambil membawa solusi.
* Orang tua siswa dan guru mudah bertemu dengan kepala sekolah. Bagi kepala sekolah, bersikap prosedural (seperti membuat janji sebelum bertemu dan lain sebagainya) memang penting, tapi jauh lebih penting mendengar dan mengarahkan serta memimpin di saat yang tepat.
* Sekolah memperlakukan sama guru lama dan guru baru. Guru lama mempunyai tanggung jawab untuk menjadikan guru baru mitra kerja yang setara, sambil ditingkatkan apa yang belum pas dari seorang guru baru. Guru baru menaruh hormat pada perasaan dan wibawa guru lama, dengan demikian keduanya mudah berkolaborasi dan bekerja sama.
* Siswa punya suara yang sama di sekolah, siswa bahkan dilibatkan dalam komite dan kepanitiaan untuk didengar aspirasinya.
* Semua jadwal pertemuan diberitahu minimal satu minggu sebelumnya, dan tertulis di staff morning bulletin. Pemberitahuan ini di ulang beberapa kali menjelang rapat. Dengan demikian tidak ada hal yang mendadak dalam budaya sekolah yang efektif.
* Konflik guru dengan guru, orang tua siswa dengan guru atau kepala sekolah dengan guru difasilitasi dengan adil dan menerapkan prinsip mencari solusi demi perbaikan ke depannya.

Budaya Komunitas Pembelajar

* Setiap guru dan semua elemen di sekolah punya kesempatan yang sama dalam menghadiri seminar atau workshop yang dibiayai sekolah sesuai dengan minat dan hubungan dengan pekerjaannya. Jika ada guru yang mendapat kesempatan untuk secara gratis menjadi peserta atau menjadi pembicara dalam sebuah acara seminar atau workshop professional guru, sepanjang hal tersebut tidak menggangu ritme pembagian tugas di sekolah dan di kelas, sekolah wajib membantu dan memngatur agar bisa terwujud.
* Setiap indvidu yang mendapat ilmu baru dalam acara workshop atau seminar guru di luar sekolah yang dibiayai sekolah, wajib membaginya di dalam sekolah. Perlu diingat bahwa keberangkatan individu tersebut juga dalam rangka bekerja dan bukan untuk sekedar lepas dari rutinitas sekolah atau malah bertamasya, untuk itu dengan membagi ilmunya di sekolah adalah juga bagian dari pekerjaan.
* Setiap guru punya kewajiban untuk berbagi dengan guru lainnya (tidak harus yang didapat dari luar sekolah saat workshop). Saat ada guru yang bersedia untuk berbagi dalam rapat atau pertemuan guru di sekolah, guru yang lain wajib mengapresiasi dan menghargai.
* Guru yang dipandang mampu, mesti siap jika diminta berbagi dihadapan orang tua siswa, tentunya semua materinya sudah dikonsultasikan dengan kepala sekolah.

Budaya Teliti
* Dalam hal surat menyurat misalnya, guru mesti menunjukkan dan meminta pendapat dari atasan dan rekan sekerja mengenai isi dan susunan bahasa sebuah surat yang akan dikirim ke luar sekolah. Utamanya jika isi surat tersebut membawa nama sekolah secara keseluruhan, dan tidak semua surat mesti didiskusikan dengan atasan, jika hanya memo biasa tidak menjadi masalah.
* Guru dan sekolah bersikap satu kata yaitu demi perbaikan mutu sikap dan pembelajaran siswa dihadapan orang tua siswa, ini berarti semua yang akan diinfokan kepada orang tua mesti disepakati, minimal dikomunikasikan dan dikonsultasikan terlebih dahulu.

Budaya Pembagian Tugas
* Alokasi pembagian tugas untuk guru, jam mengajar serta jam piket menjaga siswa di buat di umumkan dan dibuat menjelang tahun ajaran berakhir untuk di tahun ajaran berikutnya. Dengan demikian saat tahun ajaran baru mulai guru sudah tinggal melaksanakannya saja.
* Guru difasilitasi untuk bisa hadir, mendaftar dan ikut serta dalam kepanitiaan yang dibentuk di sekolah, baik yang ada hubungannya dengan akademis maupun event yang terjadi di sekolah

Budaya Menomorsatukan Siswa
* Semua elemen yang ada di sekolah, baik itu guru, kepala sekolah dan manajemen, sadar bahwa keberadaannya di sekolah karena ada siswa. Untuk itu semua rapat, pertemuan anggaran biaya sampai komitmen pribadi bermuara kepada peningkatan mutu belajar dan perilaku siswa.

Agus Sampurno
Educational Blogger | Educational Motivator | Teacher Professional
Development Program Facilitator | Global Jaya International School
Teacher Indonesia
+62-21- 745 - 7562 | +62-813 -155 - 90729 |

Senin, 14 Juni 2010

indismart e learning; Penting untuk Pelajar & Pendidik !



Segera bergabung di www.indi-smart.com

Kamis, 10 Juni 2010

Olivia's Testimony on Indismart.rm



Segera bergabung di www.indi-smart.com

Permainan untuk Balita Anda (klik play, pilih lagu di kiri, lalu tekan sembarang tuts)