Selasa, 28 Desember 2010

Mungkinkah Menciptakan Kejeniusan?

Segera bergabung di www.indi-smart.com, dan dapatkan ratusan konten pembelajaran online interaktif untuk pelajar.




Posted by: "Julia Maria van Tiel"
Email: segaintil@yahoo.com


Apa yang dimaksud dengan jenius? Begitu banyak kriteria yang diberikan, tidak cukup hanya memiliki tingkat IQ yang tinggi saja. Bisakah jenius itu dapat diciptakan? Bukankah itu anugrah sejak lahir?

Kursus menciptakan anak-anak jenius berkembang seperti jamur di Indonesia. Mereka dilatih selama beberapa hari dengan menggunakan metoda-metoda tertentu. Namun apakah kursus tersebut memang bisa menciptakan anak-anak seperti yang diinginkan?

Genius Mind Consultacy atau GMC Indonesia salah satunya. Badan itu memberikan kursus yang tersebar di kota-kota di Indonesia. Percaya atau tidak, kursus ini banyak pengikutnya dan katanya dapat menjadikan anak jenius. Biayanya tiga juta lima ratus rupiah dan peserta dapat mengikuti dua kali sesi serta empat kali pelatihan. Hagi salah seorang pelatih di GMC mengatakan seorang anak dapat "disulap" menjadi jenius.

Pertama kami membuat kelas segembira mungkin, terus kami melakukan aktivasi dengan suara-suara audio yang dari Jepang itu seperti aktivasi yoga. Seperti lagu rileks. Manfaatnya meningkatkan konsentrasi, daya ingat, kreativas, daya paham dan meningkatkan talenta, hormon dan karakter anak tersebut.



Singkatnya metoda yang diberikan itu adalah untuk mengaktifkan otak tengah dan memotivasi seorang anak. Namun apakah otak tengah tersebut memang dapat diaktivasi untuk menciptakan kejeniusan seseorang? Ya kata Hagi sang pelatih. Kebanyakan konsentrasi pesertanya meningkat sementara daya ingat dan karakternya bisa berubah

Namun pendapat tersebut disangkal oleh Julia Maria van Tiel, pakar anak-anak berbakat khusus yang tinggal di Belanda. Menurutnya kejeniusan seorang anak tidak bisa diciptakan begitu saja.

Ada yang percaya otak bisa diaktivasi sedemikian rupa sampai mencapai tingkat intelegensi yang luar biasa. Itu namanya pseudo science. Jadi mereka menggunakan yang disebut neurofeedback. Terapi itu seperti di Eropa atau Amerika memang ada. Tapi masih dalam bentuk riset. Hasilnya belum ada kesimpulan bahwa otak bisa diaktivasi sedemikian rupa dengan menggunakan alat yang disebut neurofeedback.



Digunakan di klinik
Julia Maria melanjutkan, di Belanda sendiri alat tersebut memang digunakan di klinik-klinik tapi masih dalam bentuk terapi alternatif. Hanya untuk mengajak anak untuk bisa memajukan konsentrasi sementara saja pada waktu dia melakukan sesi-sesi terapi tersebut.

Dalam promosinya lembaga pelatihan itu mengatakan bahwa hal tersebut berdasarkan penelitian ilmiah. Diakui juga oleh lembaga kursus itu sudah diakui di luar negeri. Dan itu menggiurkan sebagian besar orang tua yang memang ingin meningkatkan prestasi anaknya.

Kejeniusan seseorang itu diciptakan sejak lahir dan tidak bisa diciptakan begitu saja. Itu tidak betul dan tidak ilmiah. "Pertama, tidak ada dalam dunia ilmiah melakukan aktivasi otak tengah. Kedua jenius itu tidak bisa didorong. Jenius itu didapatkan dari lahir."

Mengapa kursus-kursus itu bertumbuhan bak jamur di musim hujan. Tidak adakah aturan yang melarang agar kursus itu tersebut dapat dihentikan? Di Indonesia, aku Julia Maria tidak ada lembaga satupun yang bisa digunakan untuk menjadi acuan. Di Belanda sendiri ada dua, yaitu Skepsis dan Kwakzalverij. Lembaga inilah yang mengatakan itu bukanlah scientific. Ini adalah alternatif. Jadi masyarakat akan bisa menentukan saya bisa pergi kemana?



Petisi
Akhirnyalah Julia Maria van Tiel bersama dengan praktisi lainnya mengeluarkan sebuah petisi yang menyatakan bahwa anak jenius tidak dapat diciptakan begitu saja.

Kita mengeluarkan petisi ini sebagai rasa tanggungjawab sebagai kelompok orang tua yang mengetahui sekali apa itu masalah anak jenius. Jadi dengan demikian kita memiliki rasa tanggungjawab sosial kepada sesama orang tua agar orang tua juga jangan sampai terkelabui.

Kendati demikian Hagi, sang trainer tidak menyerah begitu saja. Meskipun sudah diserang tampaknya ia yakin pihaknya berada di jalan yang benar.

sumber: http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/mungkinkah-menciptakan-kejeniusan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Permainan untuk Balita Anda (klik play, pilih lagu di kiri, lalu tekan sembarang tuts)