Selasa, 10 Mei 2011

Sekolah Alam Indonesia Bicara Pendidikan Karakter di Malaysia

Segera bergabung di www.indi-smart.com, dan dapatkan ratusan konten pembelajaran online interaktif untuk pelajar.






oleh: M Budi Santosa

KUALALUMPUR – Sebagai bagian dari Program Personal Upgrading, sembilan Guru Sekolah Alam Indonesia (SAI) mengadakan Workshop on Character Eduaction di International Islamic University Malaysia (IIUM) pada Senin 29 November 2010. Dipimpin oleh Kepala Syura Guru SAI Hudori AZ, kesembilan guru tersebut ingin lebih banyak berbagi dan menggali tentang Character Education yang selama ini sedang digalakkan oleh Pemerintah.

Acara tersebut berlangsung di kampus IIUM Kampus Gombak, tepatnya Institute of Education IIUM. SAI disambut oleh ISSI (Indonesian Student Society of INSTED) yang merupakan pihak pengundang yang ingin mengetahui lebih banyak tentang konsep dan aplikasi Pendidikan Karakter.

"Sekolah Alam Indonesia adalah sekolah karakter yang berbasis alam yang menekankan pada sisi Akhlak, Leadership, dan Logika Berpikir," kata Hudori AZ. "Persentasenya 80 persen lebih menekankan pada Akhlak dan Leadership."

SAI yang terletak di daerah Ciganjur, Jakarta Selatan memang mendidik murid-muridnya dengan mengedepankan karakter dengan penekanan pada penguasaan soft skills, di samping hard skills.

"Jika Pemerintah baru akan menggalakkan Pendidikan Karakter, kami sudah melaksanakannya dari 11 tahun yang lalu sampai sekarang, namun kami perlu upgrading dan pengembangan metode pengajarannya, makanya kami selalu mendatangi sumber-sumber tempat belajar untuk langsung belajar dari mereka," sambung Hudori AZ.

Dalam kunjungan tersebut, Hudori AZ didampingi oleh Abdul Rachman, Kepala Sekolah Sekolah Lanjutan SAI, Khaira Fitmi Guru Bahas Inggris dan Guru-guru Kelas yaitu Dian Hayati, Dian Arifianti, Diani Wijayanti, Dudi Jukardi, Ludfiono, dan Suryani.

"Kami sangat senang bisa berbagi dengan teman-teman dari SAI karena kami mendapatkan angel view yang berbeda dan berani dari SAI," kata Humam Mustajab dari IIUM.

"Ke depan kami ingin lebih banyak bereksperimen dalam bidang pendidikan bersama teman-teman SAI," lanjutnya.

Acara ini diprakarsai oleh Dwita Cahyani, Wakil Ketua ISSI yang juga salah seorang Guru SAI yang sedang mengambil Program Master of Education di Universitas tersebut dan akan berlangsung di Universitas- universitas lain di seluruh dunia untuk berbagi danm menggali tentang Pendidikan Karakter, Insya Allah.(mbs)

sumber: http://news.okezone.com/read/2010/11/29/373/398144/sekolah-alam-indonesia-bicara-pendidika n-karakter-di-malaysia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Permainan untuk Balita Anda (klik play, pilih lagu di kiri, lalu tekan sembarang tuts)