Kamis, 11 Agustus 2011

Metode Audiovisual untuk Diskalkulia

Segera bergabung di www.indi-smart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.




oleh: Arsy Rakhmanissazly


“Seperti kemampuan membaca, ternyata tak semua anak dikaruniai kemampuan memahami angka atau dislakalkulia”
Kosmo – Koran Tempo

Sepenggal pernyataan diatas agaknya sudah dapat mewakili pertanyaan sebagian Orangtua yang gelisah karena ketidakmampuan anak dalam menyelesaikan soal – soal angka. Jika dalam dunia huruf kita mengenal dengan istilah diseleksia, yaitu ketidakmampuan ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis. Maka, dalam hal ini dikalkulia dapat dipahami sebagai ketidakmampuan belajar pada seseorang karena sulit dalam melakukan aktivitas hitungan. Penderita diskalkulia (anti – angka) ini biasanya akan mengalami kesulitan untk belajar, matematika maupun pelajar pengetahuan alam yang menggunakan rumus dan angka – angka penting di dalamnya.
Seperti halnya diseleksia, “anti – angka” adalah kondisi yang dibawa sejak lahir yang dapat saja terjadi pada sejumlah populasi. Namun, melalui beberapa penelitian para ahli yakin bahwa bukan berarti pengidap “anti – angka”l ini  tidak dapat keluar dari kondisinya ini.
Menurut Mutiara Padmosantyojo, MSc, pakar perkembangan anak dan program advicer Highreach Learning Care Institution, sebenarnya dislakulkia, seperti diseleksia, adalah perkara yang lumrah dalam proses belajar anak.  Yang penting adalah bagaimana para Orangtua ataupun guru dapat memahami kondisi si anak dan bagaimana penanganannya. Walaupun, mempunyai kecenderungan tidak dapat beradaptasi dengan angka, namun umumnya pengidap “anti – angka” punya kemampuan normal dalam verbal, membca, menulis, serta punya memori dan seni visual yang bagus.
Visualisasi yang kemudian dibantu dengan presentasi materi menggunakan audio sekiranya akan membantu anak “anti – angka” dalam mengenal dan memahami pemakaian angka. Konten edukasi (e-learning) IndiSmart menawarkan kesempatan itu. Terlebih bagi para orang tua yang ingin mengenalkan materi – materi pelajaran pada anaknya dari mulai basis dengan cara yang interaktif. Dengan animasi dan moderator secara audiovisual yang dapat dilihat langsung secara virtual dan dapat membantu yang mempunyai kondisi si “anti – angka” untuk beradaptasi dengan penggunaan angka, rumus dan pengaplikasiannya pada soal – soal yang mungkin dijumpai di sekolah.



IndiSmart juga menyediakan materi belajar untuk jenjang pendidikan tertentu, tentunya yang sesuai dengan materi per jenjang pendidikan dan klasfikasi kategori materinya. IndiSmart sebagai saran e-learning yang disediakan untuk membantu para anak untuk belajar dengan menggunakan metode yang lebih fun dan creative. Situs IndiSmart yang penuh dengan animasi yang dirancang khusus dan secara apik disajikan dalam sarana virtual sekiranya dapat membantu anak  - anak yang mempunyai kondisi “anti – angka” ini untuk mengatasi kesulitannya dengan cara belajar variatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Permainan untuk Balita Anda (klik play, pilih lagu di kiri, lalu tekan sembarang tuts)