Kamis, 11 Agustus 2011

Universitas Raksasa: Daya Tarik Belanda

Segera bergabung di www.indi-smart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.




Oleh: Johan van der Tol


Belanda akan memiliki universitas raksasa. Tiga universitas besar, Leiden, Delft dan Rotterdam akan berfusi. Namun ada juga catatan yang harus diperhatikan bagi universitas raksasa yang berambisi merebut daya tarik
internasional itu.

Universitas raksasa itu berambisi untuk lebih banyak berperan dalam dunia internasional. Upaya yang dilakukan antara lain menarik sebanyak-banyaknya mahasiswa dan gurubesar internasional. Selain itu universitas itu juga mengincar peringkat atas dalam daftar ranking internasional. Fusi dapat membantu ambisi itu, demikian ramal Nanette Ripmeester. Untuk biro I-Graduate ia mengeluarkan Barometer Mahasiswa Internasional, yaitu indeks yang menyusun faktor-faktor yang menarik dari universitas di Eropa.

Saya rasa ranking universitas itu akan melonjak. Itu berdasarkan produksi dari universitas tersebut. Semakin banyak ilmuwan di tempat anda maka semakin banyak artikel pengetahuan yang diterbitkan. Itu dapat meningkatkan indeks kutipan. Posisi peneliti akan semakin kuat dan mereka akan lebih banyak dikutip dan dengan demikian meningkatkan pula daya tarik universitas itu.

Di daftar World University Rankings 2001 yang dikeluarkan oleh Times Higher Education Supplement, Technische Universiteit Delft berada di urutan 49 sementara Leiden berada di urutan 80.

Ripmeester berpendapat fusi merupakan langkah yang masuk akal. Ia menunjuk Amerika yang tak menyangka akan jumlah universitas di negara kecil seperti Belanda. "Jika seorang mahasiswa Amerika mendarat di bandara Schiphol, maka ia akan menemukan tiga kota yang memiliki empat universitas dalam perjalanan ke Rotterdam dengan kereta. Hal itu tidak akan anda temui di manapun." kata Ripmeester.

Jejaring Sosial
Kendati demikian universitas- universitas itu tidak usah terpaku dengan ranking, kata Ripmeester. Jika menyangkut soal menarik mahasiswa internasional maka ranking universitas itu baru berada di urutan kedelapan berdasarkan faktor yang mempengaruhi pilihan mahasiswa internasional. Itu yang kami ketahui dari Barometer Mahasiswa Internasional. Dengan ranking yang tinggi, maka universitas harus memanfaatkannya. Namun mereka juga tidak usah berputus asa jika mereka gagal mencapai ranking atas.

Yang lebih penting lagi adalah kwalitas pendidikan dan kesempatan kerja, kata Ripmeester. Informasi soal universitas kadang didapat mahasiswa asing dari temannya, terutama melalu jejaring sosial di internet.

Kualitas
Di sisi lain fusi dapat merusak kwalitas pendidikan dan menurunkan daya tarik universitas demikian Serikat Mahasiswa Internasional LSVb. Wakil ketua Jelmer de Ronde:

Yang kami khawatirkan dengan adanya universitas raksasa itu maka direksi tidak dapat lagi mengontrol apa yang terjadi di tempat kerja dan materi apa yang diberikan dalam kuliah. Jika ada sesuatu yang tidak beres, maka direksi tidak dapat lagi mengatasinya. Serta kemungkinan lain yaitu kualitas pendidikan akan mundur. Dan itu akan mempengaruhi citra universitas di mata internasional.

De Ronde menunjuk masalah yang timbul di sekolah tinggi Inholland yang memiliki 40 ribu mahasiswa dan berdiri karena fusi. Para mahasiswa di sana meraih ijazah dengan kualitas skripsi di bawah standar atau tidak menjalani kurikulum yang ditetapkan.

Harian NRC Handelsbad, mengatakan, ketiga universitas itu akan mengumumkan fusinya bulan September, namun universitas itu sendiri tak bersedia mengeluarkan pernyataan.

75.000 mahasiwa Asing 
Fusi Universiteit Leiden, de Techische Universiteit Delft dan Erasmus Universiteit Rotterdam, akan memiliki 55 ribu mahasiswa. Satu di antara lima mahasiswa yang menuntut ilmu di ketiga universitas itu adalah mahasiswa asing.

Pada 2010 di seluruh Belanda ada 75 ribu mahasiswa asing. Sebagian besar (22 ribu) berasal dari Jerman. Mahasiswa dari Cina menempati urutan kedua dengan 5000 orang. Selain Jerman negara negara-negara Uni Eropa lainnya juga memiliki mahasiswa yang cukup banyak. Banyak pula mahasiswa dari luar Uni Eropa. Setiap tahunnya ada sekitar 400 mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di universitas atau sekolah tinggi di Belanda
 ------------ --------- ---------
Sumber: http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/universitas-raksasa-daya-tarik-belanda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Permainan untuk Balita Anda (klik play, pilih lagu di kiri, lalu tekan sembarang tuts)