Jumat, 12 Agustus 2011

KTSP merupakan Suatu Tuntutan

Segera bergabung di www.indi-smart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.





JAYAPURA-Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura, Drs. H. Syamsuddin, MM mengatakan, penyelenggaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan suatu tuntutan dan juga suatu keputusan peraturan yang dimana peraturannya adalah isu desentralisasi yakni ada serangkaian kewenangan yang diberikan kepada suatu wilayah atau daerah terhadap satuan tingkat
pendidikan dibawah Kementrian Agama yakni seperti pendidikan Madrasah.

“Kalau dulu kurikulumnya dari pusat tapi sekarang ini ada beberapa kebutuhan-kebutuhan atau kegiatan-kegiatan yang akan kita adopsi untuk masuk dalam kurikulum pendidikan kita. Sehingga lulusan kita ini dapat menjadi lulusan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat,” ungkap  H. Syamsuddin kepada Cenderawasih Pos di sela-sela Seminar KTSP Tingkat MI/MTs Se-Kota Jayapura, di Madrasah Tsanawiyah Baiturrahim Kompleks Masjid Raya-Kloofkamp, Sabtu (30/7).

Dikatakan, sesuai dengan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yakni standar isi, proses, SKL, pendidikan dan tenaga pendidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan serta standar penilaian merupakan hal yang berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. “Apabila ada satu yang tidak
terlaksana dengan baik maka tujuan dari kurikulum pendidikan yang direncanakan atau out put dari lulusan yang kita harapkan tidak bisa menjadi lulusan yang terbaik,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Baiturrahim yang juga Ketua Panitia Seminar KTSP, Mudji Taba Yusuf, S.Pd, mengatakan, kedepan seluruh MI/MTs yang sudah mempunyai kurikulum atau dokumen satu, pada tahun ajaran 2011/2012 sekolah tersebut dapat melaksanakan masing-masing kurikulum pendidikannya.

“Memang benar ada delapan standar kompetisi yang dimana salah satu dokumen kurikulum ini termasuk standar isi dan proses baik semua sekolah-sekolah telah melaksanakan semua standar-standar daari pemerintah didalamnya ada dokumen kurikulum atau dokumen satu sehingga kedepannya dokumen silabus dan RTP ini juga bisa dilaksanakan disekolah,” ujarnya. (fan/nat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Permainan untuk Balita Anda (klik play, pilih lagu di kiri, lalu tekan sembarang tuts)