Kamis, 21 Februari 2013

Pengertian E-Learning

Segera bergabung di www.goesmart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.


E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Beberapa ahli mencoba menguraikan pengertian e-learning menurut versinya masing-masing, diantaranya :
  • Jaya Kumar C. Koran (2002)
    e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.
  • Dong (dalam Kamarga, 2002)
    e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat
    elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya.
  • Rosenberg (2001)
    menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
  • Darin E. Hartley [Hartley, 2001]
    eLearning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.
  • LearnFrame.Com dalam Glossary of eLearning Terms [Glossary, 2001]
    eLearning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone.
E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahaan konsultan) yang memang bergerak dibidang penyediaan jasa e-learning untuk umum.
E-learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).

Best Regarts,
Yudi Riswandy,
www.goesmart.com

Rabu, 20 Februari 2013

Membangun Intranet Pendidikan dengan Kekuatan Konten Komunitas

Segera bergabung di www.goesmart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.


Pendidikan merupakan hal krusial di negara manapun termasuk Indonesia. Pendidikan selalu dijadikan lahan riset untuk melakukan pengembangan tentang pendidikan itu sendiri ke arah yang lebih baik. Berbagai aspek diteliti termasuk sarana dan prasarana yang diyakini sangat menunjang bagi kelangsungan kegiatan pendidikan di lapangan. Karena dengan berkembangnya pendidikan, maka aspek lain dalam kehidupan pun akan menjadi baik.
Seiring dengan berkembangnya teknologi, pendidikan pun berkolaborasi dengan aspek teknologi sebagai sarana pendukung sehingga pendidikan memiliki perubahan baik dari segi yang negatif atau positif tergantung pada pemanfaatan dan perawatan yang dilakukan. Salah satu perkembangan teknologi yang kita kenal saat ini adalah internet. Internet yang secara istilah merupakan hubungan antara komputer satu dengan komputer lainnya yang terhubung di seluruh dunia menjadi alat komunikasi modern yang paling digandrungi saat ini. Berbagai macam konten terdapat di internet. Semua orang yang menggunakan internet dapat mengunggah dan mengunduh konten di internet secara bebas.
Dalam bidang pendidikan, internet memberikan pengaruh besar, dimana semua orang dapat menggali semua sumber ilmu yang dibutuhkan. Seperti halnya mata uang, internet memiliki dua muka yang saling bertentangan satu sama lainnya. Internet tidak hanya memberikan hal yang baik tetapi juga dapat memberikan hal yang buruk. Terbukti dari bebasnya konten yang dapat diunduh atau sekedar dilihat oleh para pengguna internet. Meskipun pada beberapa web dan aplikasi internet terdapat filter yang menggunakan batasan usia, tapi tetap saja orang yang menggunakannya dapat melakukan kecurangan dengan memasukan identitas palsu dan masih dapat mengunduhnya. Penggunaan internet menjadi tidak terkendali dan akhirnya merusak pendidikan karena yang diunduh tidak hanya konten pendidikan tetapi juga konten lain seperti konten hiburan, dan konten lainnya yang dapat merusak moral siswa, guru, dan orang banyak lainnya. Oleh karena itu, internet dan kontennya yang terpenting, menjadi hal yang harus diawasi.
Namun, bagaimana kita dapat mengawasi atau membatasi internet yang sudah sangat besar? Bagaimana kita memfilter konten-konten yang berada di dalamnya? Dan yang terpenting adalah bagaimana pendidikan tetap dapat berkembang dengan dukungan yang optimal dalam hal ini mendapatkan sisi yang baik dari internet dan kontennya sebagai sarana pendidikan?
Ini menjadi hal yang tidak mudah bagi para pelaku pendidikan tapi sekali lagi ini menjadi riset dan objek yang harus dipikirkan dan dicari jalan pemecahan masalahnya. Solusi harus dicapai, direncanakan dengan matang, dan dilaksanakan dengan kontinyu di lapangan. Berdasarkan dengan regulasi yang ada di Indonesia mengenai kebijakan dalam pendidikan, pemerintah Indonesia memberlakukan desentralisasi pendidikan, dimana pemerintah daerah diberikan wewenang untuk mengatur pendidikan di daerahnya masing-masing namun harus tetap sesuai dengan standar yang diterapkan oleh pemerintah pusat. Hal ini memberikan keuntungan berupa keleluasaan bagi pemerintah daerah untuk membangun pendidikannya sendiri sesuai dengan kearifan lokalnya masing-masing namun tetap memperhatikan dan meningkatkan standar nasional yang ada.
Salah satu kebijakan pemerintah daerah yang bisa dilakukan untuk membangun pendidikan dengan pendayagunaan internet sebagai salah satu sarana pendidikan adalah dengan membangun sebuah intranet yang tetap terhubung dengan jaringan internet dunia namun dengan pengawasan yang ketat terhadap konten yang masuk. Intranet sendiri adalah LAN dengan menggunakan standar komunikasi dan fasilitas seperti halnya internet, dengan kata lain berinternet dalam area lokal tertentu. Dalam hal ini pemerintah dapat membatasi daerah intranetnya sebatas kota atau kabupaten yang menjadi cakupan wilayah pemerintahannya. Kota atau kabupaten tersebut seperti membangun dunia mayanya sendiri.

Best Regarts,
Yudi.Riswandy,
www.goesmart.com

Selasa, 19 Februari 2013

Bagaimana Konten Pendidikan membantu siswa untuk membuat pendidikan lebih sederhana

Segera bergabung di www.goesmart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.

Ini era pengetahuan. Semua orang di setiap sudut dunia ini dalam pencarian Pendidikan untuk memuaskan dahaga pengetahuan.

Memperoleh pengetahuan tidak berarti hanya akan sekolah atau perguruan tinggi. Selain kelas, ada sejumlah jalan untuk memperoleh pengetahuan. Dalam konten pendidikan yang dikembangkan oleh para ahli, pengetahuan ini ditawarkan dalam cara yang lebih praktis. Mahasiswamemahami pentingnya pendidikan dalam kehidupan mereka dan mendapatkan terlibat dalam studi dengan tekad dan dedikasi.
Untuk menjadi pemenang adalah kebutuhan hari. Untuk muncul sebagai pemenang di antara ribuan mahasiswa, harus ada beberapa keuntungan ditambahkan. Pendidikan isi al datang sebagai bantuan besar bagi para siswa. Terlepas dari catatan yang diberikan di kelas, mereka mendapatkan sesuatu yang ekstra untuk mempersiapkan ujian. Isi pendidikan membantu siswa untuk unggul dalam ujian. Ada konten pendidikan untuk semua kelas sekolah. Para siswa dapat memilih mata pelajaran dan topik dan mempelajari konten yang diperlukan.
Kursus ini disusun oleh yang berpengalaman guru yang memiliki pengetahuan yang mendalam. Sebagai isi pendidikan disusun setelah penelitian yang lama, para siswa dapat dengan mudah memperoleh pengetahuan tanpa banyak usaha. Pendidikan isi dari suatu subjek tertentu yang dikembangkan oleh seorang guru yang mengkhususkan diri dalam subjek tersebut. Sebagai contoh, konten pendidikan pada fisika akan dikembangkan oleh seorang guru yang mengkhususkan diri dalam fisika. Demikian pula konten di Sejarah akan dikembangkan oleh guru dengan spesialisasi dalam sejarah.

Keuntungan dari konten pendidikan adalah:
Konten pendidikan memungkinkan siswa untuk memahami pelajaran mereka dengan cara adonan. Melalui tampilan grafis, mahasiswa dapat memahami berbagai topik. Ini lebih menguntungkan dari uang pribadi.
Ini mengubah pembelajaran menjadi pengalaman yang menyenangkan. Siswa tidak merasa pendidikan sebagai beban. Siswa menikmati proses belajar. Pendidikan membuat konten pendidikan seperti permainan dimana siswa mengambil bagian secara aktif.
Siswa dapat mengingat dengan mudah acontent yang interaktif. Hal ini telah dibuktikan oleh para ahli memori yang kita dapat mengingat 20% dari apa yang kita baca, 30% dari apa yang kita dengar, 50% dari apa yang kita lihat. Tetapi kita bisa mengingat hingga 90% jika kita membaca, mendengar, melihat dan melakukan secara bersamaan. Dan konten pendidikan memungkinkan. Ini telah menjadi upaya dari para pendidik untuk merancang program tersebut untuk pendidikan interaktif sehingga dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan mereka.


Best Regart,Yudi Riswandy,www.goesmart.com

Senin, 18 Februari 2013

Dunia Pendidikan Dalam Sistem Informasi Manajemen berbasis Komputer

Segera bergabung di www.goesmart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.

        Perkembangan Pendidikan di Indonesia yang maju sekarang ini, baik dari aspek administratif maupun teknologi mengharuskan agar proses pelayanan pendidikan dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan beberapa fasilitas pendukung, dimana salah satu fasilitas pendukung tersebut adalah aplikasi teknologi informasi dalam bidang sistem informasi manajemen pendidikan.

    Untuk meningkatkan pelayanan, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan menjadi faktor penting sekaligus penghematan bagi pendidikan dan kini telah menjadi salah satu standar mutu sebuah Pendidikan. Selain itu, untuk memberikan kemudahan informasi yang digunakan dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian terhadap kegiatan suatu organisasi sehingga tujuan organisasi tersebut dapat tercapai, maka dibutuhkan sistem informasi manajemen yang berbasisi komputer. Otomatisasi/komputerisasi sistem pelayanan dan sistem informasi manajemen merupakan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah ini. Banyak lembaga Pendidikan telah mendapat manfaat dari peralatan canggih ini
     Kegiatan utama dari semua sistem informasi, yaitu menerima data sebagai masukan (input), kemudian memprosesnya dengan melakukan penghitungan, penggabungan unsur data, pemutakhiran dan lain-lain, akhirnya diperoleh informasi sebagai keluarannya (output). Perubahan data menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi. Pengolah informasi dapat meliputi elemen-elemen komputer, non-komputer atau kombinasi keduanya.
    Sebuah SIM, baik sistem informasi manual maupun yang dilengkapi dengan perlengkapan sistem komputer memiliki komponen dasar yang sama, yaitu masukan berupa bahan informasi/data, pengolahan data, instruksi dan prosedur, keluaran, serta catatan-catatan dan arsip. Bahan informasi ini yang akan diolah menjadi suatu informasi yang berguna bagi manusia. Proses pengolahan data ini dilakukan dalam suatu mekanisme kerja SIM.
   Murdick (1997) menyatakan komponen-komponen sistem informasi manajemen dibagi menjadi lima bagian, yaitu: (1) input data, (2) pengolah data, (3) catatan dan arsip, (4) instruksi dan prosedur, (5) output


Best Regart
Yudi Riswandy
www.goesmart.com

Jumat, 15 Februari 2013

Learning Management System

Segera bergabung di www.goesmart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.

Learning Management System ( biasa disingkat LMS ) adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan "online", program pembelajaran elektronik (e-learning program),dan isi pelatihan. Sebuah LMS yang kuat harus bisa melakukan hal berikut :

  • Menggunakan layanan "self-service" dan " self-guided"
  • Mengumpulkan dan menyampaikan konten pembelajaran dengan cepat
  • Mengkonsolidasikan inisiatif pelatihan pada platform berbasis 'web scalable"
  • Mendukung portabilitas dan standar
  • Personalisasi isi dan memungkinkan penggunaan kembali pengetahuan
LMS merupakan sistem untuk mengelola catatan pelatihan dan pendidikan, perangkat lunaknya untuk mendistibusikan program melalui internet dengan fitur untuk kolaborasi secara "online'. Dalam pelatihan korporasi, LMS biasanya digunakan untuk mengotomatisasi pencatatan dan pendaftaran karyawan. Dimensi untuk belajar sistem manajemen meliputi "Students self-service" (misalnya registrasi mandiri yang dipimpin intruktur pelatihan), pelatihan alur kerja (misalnya, pemberitahuan pengguna, persetujuan manajemen, daftar tunggu manajemen), penyediaan pembelajaran "online" (misalnya, pelatihan berbasis komputer, membaca & memahami), penilaian "online", manajemen pendidikan profesional berkelanjutan (CPE), pembelajaran kolaboratif (misalnya, berbagi aplikasi diskusi), dan pelatihan manajemen sumber daya (misalnya instruktur, fasilitas, peralatan). LMS juga digunakan oleh regulasi industri (misalnya jasa keuangan dan biopharma) untuk pelatihan kepatuhan. Mereka juga digunakan oleh institusi pendidikan untuk meningkatkan dan mendukung program pengajaran di kelas dan menawarkan kursus untuk populasi yang lebih besar yaitu seluruh dunia. Beberapa penyedia LMS termasuk 'sistem manajemen kinerja" meliputi penilaian karyawan, manajemen kompetensi, analisis keterampilan, perencanaan suksesi, dan penilaian "multi-rater' (misalnya, review 360 derajat). Teknik modem sekarang menggunakan pembelajaran berbasis kompetensi untuk menentukan kesenjangan belajar dan panduan materi seleksi pelatihan 


Goesmart-Team
Yudi Riswandy

Kamis, 14 Februari 2013

Sistem Microsoft Windows 8 Terbaru

Segera bergabung di www.goesmart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.


Sistem operasi terbaru dari Microsoft yaitu Windows 8 akhirnya dirilis juga secara resmi di Indonesia pada tanggal 26 Oktober 2012. Banyak hal-hal baru yang akan Anda dapatkan dari Windows 8 ini. Dan untuk membantu Anda dalam mempelajarinya, Microsoft telah menyiapkan sumber-sumber pembelajaran gratis seperti misalnya ebook, dokumentasi, pengenalan fitur, hingga demo video. Jika Anda memang hendak beralih ke Windows 8 ini, sumber-sumber pembelajaran ini tentunya layak Anda kunjungi. Berikut ini beberapa diantaranya.

Kamis, 31 Januari 2013

Tentang Kami

Segera bergabung di www.goesmart.com, dan dapatkan gratis ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.

Sekarang artikel yang akan di kupas mengenai profil kami, INDISMART merupakan website yang diperuntukkan sebagai media belajar online. Bertujuan untuk menciptakan nuansa belajar yang menarik dan interaktif, melalui konten-konten pembelajaran yang bersifat animasi dan terbentuknya komunitas online untuk berbagi informasi. Website yang diperuntukan media belajar online adalah www.indi-smart.com serta yang terbaru sekarang adalah www.goesmart.com

Visi

Menjadi content developer terdepan dan inovatif melalui pengembangan berbagai konten pembelajaran multimedia dan turut berperan serta dalam mencerdaskan bangsa.

Misi

  • Mengembangkan konten pembelajaran yang memadukan antara metode pembelajaran yang efektif dan fitur media yang interaktif.
  • Mengembangkan Sumber Daya Manusia(SDM) yang aktif dan kreatif agar dapat berperan dalam membuat konten pembelajaran yang kreatif.
  • Memasyarakatkan konten yang mendidik untuk memacu peningkatan kualitas pembelajaran.
IndiSmart sangat tepat digunakan sebagai sarana belajar bagi para siswa yang menginginkan belajar dengan lebih menyenangkan. Hal ini dimungkinkan dengan adanya konten antarmuka yang mudah dipahami dan juga disertai dengan animasi gambar serta suara.

Dengan konten yang interaktif dan penambahan berkala konten-konten baru setiap bulannya untuk setiap tingkat SD,SMP, SMA, serta Mahasiswa diharapkan para siswa dapat lebih memahami pelajaran dengan lebih cepat. Berbagai pengembangan pun terus-menerus dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas konten guna meningkatkan kecerdasan para siswa.

Regards

G. Rachmadi
@gr_maker

Rabu, 30 Januari 2013

Konten Unik untuk Pendidikan

Segera bergabung di www.goesmart.com,  gratis dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk anda.

Apa itu konten unik? konten unik adalah suatu media/konten yang berbeda serta memiliki ciri khas, bersifat update, segar, berkualitas, menarik, dan bukan ide dari orang lain. Konten unik untuk pendidikan merupakan konten yang bersifat membantu pelajar untuk mengetahui materi, soal, penjelasan sehingga memudahkan pelajar mendapatkan bahan materi, soal, penjelasan yang diinginkan.

Konten unik untuk pendidikan ini merupakan media yang diciptakan lebih menarik sehingga tidak membuat pelajar jenuh untuk mengakses konten pendidikan, biasanya konten pendidikan ini memakai sarana internet sebagai akses pointnya.

Atribut dari suatu konten pendidikan adalah animasi, teks, gambar, video yang dipadukan sehingga materi konten tersebut dapat hidup dan menarik.biasanya. untuk membuatnya memang kita harus belajar mengenai kegunaan software-software yang menjadi pendukungnya seperti powerpoint, flash, dsb.

Untuk itu juga disampaikan bahwa walaupun kita sebagai pengajar, kita juga harus bisa terus mengupdate keahlian baik dibidangya maupun dibidang teknologi..



Regards,

G.Rachmadi
087722203366

Senin, 28 Januari 2013

Jejaring Sosial Pendidikan is Begin

Segera bergabung di www.goesmart.com, dan dapatkan gratis ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.


Dijaman sekarang yang serba canggih ini siapa sih yang tidak mengenai jejaring sosial, seperti facebook, twitter, yahoo messenger, whatsapp mesengger, dll. Hampis semua orang menggunakan fasilitas jejaring sosial tersebut, seluruh kalangan menggunakan fasilitas tersebut khususnya di Indonesia karena salah satu sistem komunikasi mereka yang bukan hanya sms saja tetapi jejaring sosial tersebut.

Banyak sekali masyarakat menggunakan jejaring tersebut tetapi sekarang khususnya di Indonesia mulai tumbuhnya dan berkembangnya jejaring sosial pendidikan yang dimana membantu untuk layaknya bersosialisasi seperti fb, twitt, ym, wm dan juga ditambah pendidikan. Keunggulan dari jejaring sosial pendidikan adalah suatu media jejaring sosial yang ditambahkan dengan media pendidikan (seperti halnya wikipedia) dengan begitu sambil kita bergaul kita juga tidak akan ketinggalan pelajar.

Contoh hal nyata dari jejaring sosial pendidikan adalah www.goesmart.com merupakan jejaring yang menggabungkan media sosial dengan pendidikan dimana media sosial layaknya fb, twitt, ym, dll serta pendidikannya seperti konten, wikipedia, video tutorial. Ini memungkinkan user memudahkan belajar dengan tanpa ketinggalan status sosialnya di Internet.

Goesmart sendiri merupakan media aplikasi yang gratis yang diperuntukan untuk usernya, jadi tidak ada jyang harus bayar untuk mendapatkan fasilitas goesmart tersebut. Dengan aplikasi goesmart yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas lagi?

Adapun cara dan sumbernya, apapun bisa dimanfaatkan. Saatnya mengunakan media aplikasi goesmart untuk keperluan bersosialisasi maupun belajar.

Regards,

G. Rachmadi
@gr_maker
087722203366

Jumat, 25 Januari 2013

Goesmart untuk Indonesia

Segera bergabung di www.goesmart.com, dan dapatkan gratis ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajaran serta online sosial media.


 Teknologi selalu menjadi topik utama untuk dibahas. Dan perkembangan teknologi ini mengenatarkan ke sekolah untuk menyajikan solusi teknis dalam edukasi pelajaran. Berbicara mengenai teknologi dalam pembelajaran, perannya sangat membuat dampak besar dalam cara guru menyampaikan pengajarannya.

Banyak media internet yang membantu dalam hal teknis mengajar, konvensional merupakan langkah paling besar untuk membantu pembelajaran siswa khususnya di Indonesia. Tetapi konvensional juga bisa di kolaborasikan dengan media internet seperti hanya salah satu contoh belajar dengan kolaborasi pelajaran matematika : "penyederhanaan akar" dan "penyederhanaan akar 2". Dengan media ini dapat membantu siswa lebih memahami isi materi serta langkah kerja dalam suatu materi pelajaran.

Jika dilihat dari perkembangan pengajaran yang ada di Indonesia sekarang ini, sudah cukup banyak guru yang mengadopsi teknologi laptop dan projector untuk menyampaikan pelajaran. Guru tidak lagi banyak menulis, melainkan menyiapkan presentasi dalam powerpoint.

Contoh Materi Pelajaran Goesmart ..
1. Penyederhanaan Akar 1
2. Penyederhanaan Akar 2

Selasa, 22 Januari 2013

Mengenal Jejaring Sosial Pendidikan Vol 1

kita patut berbangga dengan karya - karya Anak Bangsa Indonesia yang memberikan produk kreatif yang membantu masyarakat indonesia khususnya. Salah satu yang patut kita banggakan adalah lahirnya media jejaring sosial pendidikan yang berada di dunia internet yaitu www.goesmart.com. Goesmart memudahkan pelajar, pengajar, alumni, dan orangtua untuk dapat berinteraksi . Untuk mengetahui lebih jelas mengenai goesmart, dapat dilihat fitur - fitur dibawah ini :

1. Ruang Diskusi, forum bertanya bagi pelajar kepada pengajar maupun rekannya yang berkaitan dengan materi pelajaran.

2. Ngobrol, fasilitas berbentuk chatting baik untuk sesama teman maupun kepada pengajar. Disampin itu terdapat fasilitas chatting group yang bisa interaksi lebih dari dua orang

3. Peringkat, fasilitas ini dapat mengetahui peringkat terupdate kita dalam satu tingkatan

4. Rapor, fasilitas ini adalah data kemajuan aktivitas pelajar yang ditampilkan dalam bentuk grafik

5 Album, merupakan buklet digital atau buku kenangan digital para alumni almamaternya selamanya bersekolah di SD, SMP, SMA, Universitas berdasarkan tahun kelulusannya

6. Book Viewer, fasilitas yang memudahkan user untuk dapat membaca semua buku digital tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

7. Soal Latihan, fitur yang membantu user serta dapt berinteraksi langsung dengan soal tersebut, setelah selesai mengerakan soal dapat langsung mengetahui hasilnya.

8. Materi, user dapat mengakses materi - materi pelajaran secara cuma - cuma, khusus pengajar dapat mengunggah materi pelajaran maupun soal. Setelah itu pengajar juga dapat mengetahui feedback dari materi yang dibuat untuk pelajar.

9. badge, merupakan penghargaan terhadap user atas seluruh aktivitas di goesmart.

Beberapa fitur tersebut merupakan fasilitas yang diberikan goesmart untuk kepentingan pendidikan Indonesia khususnya dan dunia umumnya, sehingga goesmart merupakan media belajar dan bergaul.









Jumat, 18 Januari 2013

Arti Dasar Konten

Segera bergabung di www.indi-smart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.
 

Konten atau materi pelajaran sebenarnya merupakan komponen kurikulum yang amat penting. Konten menyangkut jawaban terhadap pertanyaan, “apakah yang diajarkan?”. Konten ini seringkali tidak diperhatikan. Artinya, konten seringkali diserahkan saja pada keputusan guru atau diambil saja dari buku teks yang berlimpah-limpah, tanpa mengaitkan dengan tujuan pendidikan, tujuan kurikulum atau dengan tujuan instruksional. 

Hal yang sama juga terjadi sebelum timbulnya reformasi kurikulum pada tahun 1960, terutama di Amerika Serikat. Semua orang memberikan perhatian lebih terhadap metoda, media dan strategi yang digunakan dalam belajar, namun kurang memperhatikan isi yang disampaikan. Oleh karenanya ahli kurikulum harus memahami hakekat dan struktur konten yang menyangkut apa yang akan diajarkan. Karena konten merupakan elemen kedua yang penting setelah tujuan untuk menyusun kurikulum.


 Kalau dikaji kembali pengertian kurikulum yang sangat berbeda-beda, juga akan menghasilkan perumusan konten yang berbeda-beda. Sesuai dengan gambaran konsep yang terkandung di dalam pengertian kurikulum yang diajukan tersebut. Seperti yang telah ditinjau, ada yang mengartikan kurikulum sebagai mata pelajaran, materi pelajaran atau judul-judul mata pelajaran. Jika seperi ini, maka rencana tersebut tidak layak lagi disebut sebagai kurikulum tetapi sebagai judul-judul pokok bahasan.
 



Kamis, 17 Januari 2013

Konten Pelajaran Gratis

Segera bergabung di www.indi-smart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.

Mungkin anda sudah melihat konten pelajaran di perusahaan penyedia konten pelajaran secara gratis, salah satunya di www.goesmart.com ( feb 2013 launchingnya), merupakan sarana untuk membantu belajar secara efektif. Baru - baru ini menurut kabar bahwa www.goesmart.com menambahkan tool konten pelajaran di mana terdapat materi pelajaran dan soal - soal. 

Konten pelajaran ini dapat diakses secara gratis untuk murid dan guru baik untuk sumber referensi. Secara teknis akan di jabarkan sedikit mengenai bagaimana caranya dapat mengakses / log-in di goesmart :
1. masuk/ketik  www.goesmart.com





2. registrasi terlebih dahulu








3. buka email kita untuk verifikasi
4. akan masuk ke tampilan muka goesmart anda


5. lihat di navigasi untuk mencari konten pelajaran
    

Kabar informasi yang di dapat dari perusahaan tersebut bahwa akan ditambahkannya konten pelajaran untuk murid dan guru sebanyak - banyaknya sehingga goesmart bisa disebut juga gudangnya konten pelajaran.

Rabu, 16 Januari 2013

Sejarah Pemanfaatan TIK

Segera bergabung di www.indi-smart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.

 Sejarah pemanfaatan TIK dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran sangat dipengaruhi oleh perkembangan perangkat keras TIK, khususnya komputer. Teemu Leinonen (2005) dalam Nurdin (2007) membagi perkembangan tersebut kedalam 5 fase sebagaimana dilustrasikan pada gambar berikut:

Fase pertama (akhir 1970an – awal 1980an) adalah fase programming, drill and practice. Fase ini ditandai dengan penggunaan perangkat lunak komputer yang menyajikan latihan-latihan praktis dan singkat, khususnya untuk mata pelajaran matematika dan bahasa. Latihan-latihan ini hanya dapat menstimulasi memori jangka pendek.

Fase kedua (akhir 1980an – awal 1990an) adalah fase computer based training (CBT) with multimedia (latihan berbasis komputer dengan multimedia). Fase ini adalah era keemasan CD-ROM dan komputer multimedia. Penggunaan CD-ROM dan komputer multimedia ini diharapkan memberikan dampak signifikan terhadap proses pembelajaran, karena kemampuannya menyajikan kombinasi teks, gambar, animasi, dan video. Konsep pedagogis yang mendasari kombinasi kemampuan ini adalah bahwa manusia memiliki perbedaan. Sebagian bisa belajar dengan baik apabila mempergunakan indra penglihatan, seperti menonton film/animasi, sebagian lainnya mungkin lebih baik apabila mendengarkan atau membaca.

Fase ketiga (awal 1990an) adalah fase Internet-based training (IBT) (latihan berbasis internet. Pada fase ini, internet digunakan sebagai media pembelajaran. Hanya saja, pada saat itu, masih terbatas pada penyajian teks dan gambar. Penggunaan animasi, video dan audio masih sebatas ujicoba, sehingga dirasakan pemanfaatannya belum maksimal untuk dapat menfasilitasi pembelajaran.

Fase keempat (akhir 1990an – awal 2000an) adalah fase e-learning yang merupakan fase kematangan pembelajaran berbasis internet. Sejak itu situs web yang menawarkan e-learning semakin bertambah, baik berupa tawaran kursus dalam bentuk e-learning maupun paket LMS (learning management system). Bahkan saat ini sudah cukup banyak paket seperti itu ditawarkan secara gratis dalam bentuk open source. Konsep pedagogik yang mendasari adalah bahwa pembelajaran membutuhkan interaksi sosial antara siswa dan siswa dan antara siswa dan guru. Dengan perangkat lunak LMS, siswa dapat bertanya kepada temannya atau kepada guru apabila dia tidak memahami materi yang telah dibacanya.

Fase kelima (akhir 2000) adalah fase social software + free and open content. Fase ini ditandai dengan banyak bermunculannya perangkat lunak pembelajaran dan konten pembelajaran gratis yang mudah diakses baik oleh guru maupun siswa, yang selanjutnya dapat diedit dan dimanipulasi sesuai dengan kebutuhan. Konsep pedagogik yang mendasari fase ini adalah teori kontstruktivis sosial. Dalam konteks ini, pembelajaran melalui komputer terjadi tidak hanya menerima materi dari internet saja misalnya, tapi dimungkinkan dengan membagi gagasan dan pendapat.

http://blog.um.ac.id/riset/2011/12/08/sejarah-pemanfaatan-tik-dalam-pendidikan/

Jumat, 12 Oktober 2012

160 Miliar Planet di Bimasakti

Segera bergabung di www.indi-smart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.


Galaksi Bimasakti ternyata merupakan galaksi padat planet. Studi terbaru menyatakan bahwa Bimasakti memiliki lebih banyak planet daripada bintang. Jumlah planet diperkirakan mencapai 160 miliar, sedangkan jumlah bintang adalah 100 miliar.

Rabu, 10 Oktober 2012

Pengalaman Belajar di Indismart

Segera bergabung di www.indi-smart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.



Sekarang belajar bisa dilakukan dimana saja. Kemajuan dunia tekhnologi dan informasi semakin mempermudah kita untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan suatu materi yang ingin kita pelajari. Dengan internet berbagai hal dapat kita pelajari dengan mudah dan cepat tanpa terikat ruang dan waktu. Sungguh sangat membantu sekali, terutama bagi mereka yang ingin belajar tetapi tidak mempunyai banyak waktu luang karena rutinitas sehari-hari yang padat. Ketika mencoba mencari konten pembelajaran di search-engine, penulis menemukan portal berbagai konten di www.indi-smart.com.

Selasa, 09 Oktober 2012

Krakatau

Segera bergabung di www.indi-smart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.


Krakatau atau dalam bahasa Inggris Krakatoa  adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra pada Koordinat °6′27″LS,105°25′3″BT. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana (Gunung Krakatau) yang sirna karena letusannya sendiri pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan itu sangat dahsyat; awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai sebelum tanggal 26 Desember 2004, tsunami ini adalah yang terdahsyat di kawasan Samudera Hindia. Suara letusan itu terdengar sampai di Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II. Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York

Senin, 08 Oktober 2012

Diantara Gaya, manakah Gaya Anda Teman?

Segera bergabung di www.indi-smart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.

 
 Setiap orang pasti memiliki preferensi mengenai gaya belajar yang dinilai efektif dan menguntungkan bagi dirinya. Ada yang tipe auditori atau lebih efektif dengan mendengarkan, visual, logis, sosial, soliter, atau pun gaya taktil. Terkadang, gaya-gaya belajar yang diterapkan sesuai dengan kondisi dan situasi yang dihadapi. Sangat memungkinkan juga, bagi seseorang yang "doyan" belajar, akan mengeksplorasi dan mengembangkan gaya belajarnya sehingga lebih bisa menemukan yang paling cocok untuk digunakan.

Selasa, 22 Mei 2012

Indismart Store untuk Guru Kreatif Indonesia

Membangun era Kreatifitas Digital berbasis Enterpreneur untuk Pendidikan Indonesia

Era pembelajaran 2.0 (yang pertama kali diungkapkan oleh Stephen downing) telah dimulai sejak lama, sejak Blog, jejaring sosial, media bagi, menguasai sebagian besar trafik Internet dunia, namun di Indonesia hal ini sepertinya baru akan dimulai. Pembelajaran 2.0 merupakan sebuah konteks pembelajaran elektronik (e-learning) yang lahir dari era web 2.0. Awalnya seperti website itu sendiri, e-learning yang dirancang secara online hanya dianggap sebagai publikasi pembelajaran online semata oleh sebuah perusahaan komersial atau institusi pendidikan tertentu untuk akses pembelajaran umum atau untuk pengguna khusus. Namun, pandangan itu sekarang telah berubah. Dengan perkembangan web 2.0 - content based user development, atau secara sederhana dapat diartikan bahwa website yang ada sekarang hanya merupakan sebuah portal, atau hanya sebuah kerangka pembungkusnya saja, dimana “isi” dari website itu sendiri merupakan hasil kerja kolaboratif berbagi (sharing) dari penggunanya. 


Pembelajaran 2.0 menawarkan kerangka pembalajaran khusus yang menggunakan perangkat jadi yang sudah disediakan oleh para pengambang portal-portal website sekarang ini seperti Blog, jejaring Sosial,  Media Sharing dan lain-lain. Satu jenis yang terakhir yaitu media sharing, dalam konteks pendidikan sekarang ini, telah bergitu berkembang dengan munculnya berbagai portal website yang sangat potensial untuk digunakan sebagai sumber belajar, YouTube, Vimeo, SlideShre, Scribd dan lain-lain. Walaupun contoh-contoh diatas memuat “isi” yang lebih umum (bukan pendidikan secara khusus), namun jenis portal website ini masih memberikan peranan yang potensial dalam pengembangan akses, kekayaan jenis media yang dapat digunakan untuk pembelajaran yang tentunya berbasis dari sharing framework pengguna dari portal website tersebut.  Melalui portal ini, setiap guru (atau siapapun itu yang bisa membuat atau mengembangkan dokumen pembelajaran berbasis perangkat lunak, seperti teks, gambar, video, animasi digital)  dapat saling bertukar dokumen dengan mudah.

Tidak dapat dipungkiri untuk kalangan guru atau dosen (yang dianggap memiliki kewenangan dan kemampuan dalam pembuatan berbagai jenis dokumen/perangkat pembelajaran), pembentukan paradigma sharing kolaboratif bukanlah perkara yang mudah. Selain jadwal tugas utama mengajar konvensional di kelas yang dilaksanakan setiap hari lumayan padat, kesibukan guru yang “Nyambi” mengajar di tempat lain seperti bimbingan belajar untuk mengejar setoran bulanan merupakan masalah yang membuat guru lebih bersifat sebagai konsumen shared media daripada sebagai aktor yang aktif dalam sharing media. Namun bagaimana jika kerangka sharing media ini dikembangkan ke arah e-comerece? Tentunya, ini merupakan sebuah lahan potensial membagun tiga sisi yang berbeda namun akan saling berkaitan erat nantinya yaitu, (1) pengembangan kekayaan materi/dokumen penmbelajaran digital, (2) pembangunan jiwa enterpreneurship guru dan tentu saja (3) pembentukan kreatifitas guru.

Tiga aspek yang dikemukaan diaatas, dicoba untuk dirangkum Indismart Store (www.Indi-smart.com) yang dikembangkan oleh PT Indismart Kreatif Idea sebagai sebuah portal berbagi dokumen pembelajaran yang berbasis e-comerce. Secara sederhana tujuan diatas dapat digambarkan dengan mengembangkan portal jual-beli online dokumen pembelajaran untuk guru Indonesia. Pilihan ini tentunya akan menjadi alternaif yang lebih baik untuk guru yang “nyambi” dalam mencari penghasilan tambahan selain gaji guru yang diterimanya. Selain itu, Indismart Store juga dirancang untuk dapat mengakomodasi berbagai jenis tipe dokumen yang diunggah seperti teks (rangkuman materi, rencana pembelajaran atau latihan soal), animasi atau video, slide presentasi dan gambar. Indismart store juga memberikan keleluasaan jenjang materi yang dapat diunggah oleh para pengguna dari mulai kebutuhan pembelajaran PAUD, SD, SMP, SMA atau SMK bahkan Universitas.

Ungkapan Indismart Store untuk Guru kreatif Indonesia memang masih mebutuhkan waktu yang panjang dimana masing-masing dibagun secara bersamaan. Portal Indismart store yang terus dikembangkan agar lebih mempermudah guru atau siapapaun itu dalam peunggahan dokumen yang ingin dishare. Peningkatan kreatifitas guru merupakan output jangka panjang dari peran seta kolaboratif guru dalam pengembangan kekayaan dokumen digital online di Indonesia dan juga peningkatan kuantitas dokumen yang layak untuk digunakan siswa dalam prosespembelajaran. Dengan hal ini maka Indismart Store diharapkan mampu untuk menjadi bagian dalam pengembanagn era pembelajaran 2.0 di Indonesia yang akhirnya melahirkan pendidikan Indonesia yang lebih baik.   

Jumat, 09 Maret 2012

Jumat, 02 Maret 2012

Kamis, 23 Februari 2012

Catat Jadwal Beasiswa-beasiswa Tahunan Ini

The Indonesian International Education Foundation (IIEF) setiap tahunnya menawarkan berbagai beasiswa untuk mahasiswa asal Indonesia. Pada tahun 2012 ini, ada 13 program beasiswa yang bisa Anda coba!

Program Development and Communication Associate IIEF, Annisa Sabrina Hartoto, Selasa (14/2/2012), mengatakan, sebagai lembaga Indonesia non-profit atau lembaga swasta yang mengelola dana-dana dari sponsor (asing dan lokal, baik perusahaan atau pun perwakilan pemerintah), IIEF membuat suatu program yang bisa memajukan bangsa Indonesia lewat pendidikan internasional. Sebanyak 13 program beasiswa yang dibuka pada tahun ini terbagi dalam tiga kelompok, yaitu untuk S-1, S-2 dan S-3, dan non-akademik.

Berikut ini adalah 13 program beasiswa tersebut:
A. Gelar Sarjana S-1

1. GE Foundation Scholar - Leaders Program
Beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa yang terdaftar di ITB, ITS, IPB, UGM, UI, UNAIR, UNDIP, UNIBRAW, atau UNPAD jurusan MIPA, Ekonomi, dan Teknik. Batas waktu pendaftaran 15 Maret 2012. Untuk informasi selanjutnya, silahkan klik www.scholarshipandmore.org

2. SMBC Global Foundation Scholarship Program
Beasiswa ini khusus ditawarkan kepada mahasiswa tingkat 2 yang terdaftar di UI dan UNPAD jurusan Hukum atau Ekonomi. Pendaftaran dibuka pada bulan November.

3. The Paiton Energy - Indonesian Young Leaders Scholarship Program (IYLSP)
Beasiswa ini khusus ditawarkan kepada mahasiswa tingkat 3 yang terdaftar di ITB, ITS, UNAND, UNBRAW, dan UNDANA. Pendaftaran dibuka pada bulan Oktober.

Catatan: untuk mahasiswa yang ingin mendaftar pada ketiga beasiswa tersebut harus memiliki prestasi akademik yang baik, aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan atau kegiatan sosial dan membutuhkan keuangan.

B. Untuk Masster (S2) dan PhD (S3)

1. Graduate Degree Fellowship Program
Beasiswa yang berasal dari Universitas Hawaii ini ditawarkan kepada mahasiswa lulusan S-1 jurusan Ekonomi, Politik & Keamanan, Lingkungan, Populasi & Kesehatan, dan Pendidikan. Batas waktu pendaftaran 1 November 2012. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik link http://www.eastwestcenter.org/

2. Program To Extend Scholarship And Training To Achieve Sustainable Impacts (PRESTASI)
Beasiswa untuk program S-2 ke Amerika Serikat yang didanai oleh USAID ini ditawarkan untuk jurusan Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan Hidup, Ekonomi, Demokrasi, dan Pemerintahan. Kesempatan beasiswa ini terbuka tidak hanya untuk pegawai negeri sipil, tetapi juga wartawan, dan umum. Dengan catatan, ditujukan bagi calon pemimpin muda Indonesia yang bisa menerapkan ilmunya pasca studi. Informasi lebih jauh tentang beasiswa ini, klik http://www.eastwestcenter.org/.

3. The Ford Foundation International Fellowship Program (IFP)
Beasiswa ini diperuntukkan bagi mereka yang kurang terlayani akses ke perguruan tinggi. Mereka dibina untuk memajukan jiwa kepemimpinan dan keadilan sosial sehingga dapat memberikan kontribusi yang luar biasa dalam bidangnya masing-masing di negara mereka sendiri. Namun, saat ini pendaftaran pada program beasiswa ini masih ditutup

C. Non-akademik

1. Asia Pacific Leadership Program
Program ini adalah program pertukaran yang bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan dan pelatihan di Universitas Hawaii selama 5-9 bulan.  Waktu pendaftaran dapat dilihat pada situs web http://www.eastwestcenter.org/

2. Bellagio Center Residency Program
Beasiswa ini untuk memajukan penelitian dan secara profesional berlangsung selama 4 minggu. Kesempatan ini ditujukan untuk para sarjana, seniman, pemimpin, pembuat kebijakan dan praktisi yang memiliki prestasi baik di bidang mereka. Pendaftaran dibuka pada tanggal 1 Maret hingga 2 Mei 2012. Informasi lebih lanjut, klik http://www.rockefellerfoundation.org/bellagio-center/residency-programs

3. Changing Faces Womens Leadership Program
Event ini adalah seminar kepemimpinan yang digelar di Universitas Hawaii yang diperuntukkan bagi perempuan profesional yang memiliki jiwa kepemimpinan, aktif dalam pengembangan masyarakat, pembangunan perdamaian (pasca-konflik), atau dapat berdialog antarkomunitas dan antaragama, serta memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun. Kapan bisa mendaftarkan diri untuk acara ini? Silakan klik http://www.eastwestcenter.org/

4. Indonesia English Language Study Program (IELSP)
IELSP ini merupakan program beasiswa yang menawarkan kesempatan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris di berbagai universitas Amerika Serikat. Program ini di khususkan bagi mahasiswa S1 (semester 5 keatas) di seluruh Indonesia dan harus aktif berorganisasi. Program beasiswa ini didanai oleh Departemen Luar Negeri AS dan Kedutaan Besar AS di Indonesia. Pendaftaran dibuka mulai bulan Oktober. Untuk informasi lebih lanjut silahkan buka situs resminya, yaitu www.iief.or.id

5. Jefferson Fellowship Program
Program ini berdurasi selama tiga minggu yang diisi dengan kegiatan diskusi, serta kursus singkat yang berkaitan dengan media. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut http://www.eastwestcenter.org/

Pada program ini, peserta akan bertemu dengan para jurnalis dari seluruha dunia dan melakukan kunjungan ke Voice of America. 

6. New Generation Seminar
Program ini adalah seminar kepemimpinan di Universitas Hawaii untuk para generasi muda yang memiliki prestasi dibidang kepemiminan. Kapan pelaksanaan seminar untuk tahun 2012 ini, dapatkan informasinya di situs web http://www.eastwestcenter.org/

7. Summer Seminar on Population
Seminar Populasi dan Kesehatan ini lebih diutamakan untuk para lulusan yang memang ditunjuk dari universitas, instansi pemerintah, atau organisasi swasta yang terlibat dalam populasi dan penelitian kesehatan. Selain itu juga untuk kandidat doktor yang disertasi penelitiannya langsung berkaitan dengan topik lokakarya. Untuk informasi lebih lanjut www.eastwestcenter.org

sumber : kompas.com

Rabu, 08 Februari 2012

Pahatan Wajah Manusia di Angkasa

Segera bergabung di www.indi-smart.com, dan dapatkan ratusan konten pendidikan online interaktif untuk pelajar.

CILE, Teleskop yang ada di Cile berhasil menangkap citra sebuah nebula atau kabut kosmis. Uniknya, nebula yang menjadi tempat kelahiran bintang tersebut tampak seperti pahatan wajah manusia di angkasa.

Situs Space.com, Rabu (1/2/2012), menyatakan bahwa nebula yang dimaksud ialah NGC 3324. Nebula tersebut penuh dengan bintang muda yang radiasi ultravioletnya menyebar ke segala arah.

Dalam gambar di bagian kanan, ada awan dan debu angkasa yang jika dicermati mirip dengan wajah manusia dilihat dari sisi samping kanan.

Citra ini ditangkap oleh Wild Field Imager di teleskop MPG/ESO 2,2 meter. NGC 3324 sering juga disebut Nebula Gabriela Mistar, sesuai nama seorang penerima nobel asal Cile.

Citra NGC 3324 tampak warna-warni, menunjukkan radiasi yang dikeluarkan oleh bintang-bintang di nebula itu. Tiap warna merepresentasikan hal yang berbeda.

Warna merah jambu memperlihatkan proses pengubahan susunan elektron dalam atom hidrogen. Sementara warna kuning kehijauan menunjukkan proses ionisasi oksigen.

NGC 3324 terletak pada jarak 7.500 tahun cahaya dari Bumi. Jutaan tahun lalu, nebula ini sangat aktif dan "melahirkan" bayi-bayi bintang dalam jumlah banyak. 
sumber : kompas.com

Kamis, 02 Februari 2012

CPNS Diutamakan bagi Guru Honorer

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini diutamakan untuk guru honorer. Pasalnya, sebagian besar mereka telah mengabdi cukup lama.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan,para guru honorer yang sudah mengabdikan lebih dari lima tahun mestinya jadi prioritas. ”Harapan kami seperti dan nantinya dipertimbangkan,” katanya saat ditemui SINDO di Jakarta kemarin. 

Kendati minta diprioritaskan, Mendikbud juga menegaskan bahwa mereka yang diangkat tersebut tetap harus mengedepankan kompetensi. Karena itu, perlu juga diperhatikan rekam jejak para honorer tersebut. Menurut dia, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan berdasarkan Undang- Undang (UU) No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, di antaranya kualifikasi akademik dengan tingkat pendidikan program sarjana (S-1) atau diploma (D-4).“Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional,”katanya.

Dia menambahkan saat ini ada ribuan guru honorer yang belum diangkat menjadi PNS. Mereka sebagian tersebar di daerah yang terpencil dan tertinggal. Karena itu, pemerintah akan memprioritaskan mereka untuk diangkat tahun ini. Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistyo berpendapat, pada 2011 jumlah guru honorer yang akan dinaikkan statusnya menjadi PNS mencapai 160.00 orang. Kemudian pada 2012,jumlah guru honorer yang akan mengikuti seleksi calon PNS mencapai 720.000 orang.

Namun,pihaknya meminta pemerintah untuk memperhatikanjugapengangkatanguru kategori 1 yakni guru yang mengabdi sejak 1 Januari 2006,bekerja di instansi pemerintah dan dibiayai oleh APBN. “Guru tingkat dua yang juga bekerja di instansi pemerintah namun tidak digaji melalui APBN, juga harus dinaikkan statusnya. Guru yang bekerja di sekolah swasta sejak 2005 dan juga guru bantu yang mencapai 14.000 orang kami mohon dijadikan PNS,”katanya.

Selain itu, juga ada guru di masa 2010/2011 sebanyak 197.678 guru dan tenaga honorer, termasuk calon PNS yang teranulir dari Jawa Tengah. Ditambah lagi janji pengangkatan 5.966 orang guru bantu DKI yang akan diangkat tahun ini. Anggota DPD ini juga menyarankan pemerintah harus membenahi sistem perekrutan karena penerimaan calon PNS di daerah sangat bernuansa kecurangan. Isu yang beredar, ujarnya, proses seleksi PNS menjadi ajang pengumpulan uang melalui jalan belakang oleh pemerintah daerah setempat.“ Ada yang bayar Rp50 juta hingga Rp75 juta,”ungkapnya.

Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah menilai, perhatian pemerintah terhadap guru honorer sangat rendah, sebab hingga kini masih ada ratusan ribu guru yang berstatus honorer. Banyaknya jumlah guru honorer yang belum diangkat ini disebabkan kekacauan data administrasi yang dimiliki pemerintah.“Seharusnya, pengangkatan itu dapat dilakukan pada tahun lalu namun tenggat waktu pendataan yang sedianya harus selesai Agustus 2010 terpaksa molor hingga tahun ini,”tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kemenpan dan RB membuka formasi penerimaan calon PNS untuk tenaga pendidik dan tenaga medis. Penerimaan guru hanya diperuntukkan bagi daerah yang masih kekurangan.

sember : seputarindonesia.com
website :www.indismart.co.id

Permainan untuk Balita Anda (klik play, pilih lagu di kiri, lalu tekan sembarang tuts)